Cemara 6 Galeri


Gedung Galeri ini terletak di jalan HOS Cokroaminoto No. 9-11, yang merupakan bagian belakang dari sebuah rumah yang ditempati oleh Ibu Toeti Heraty yang beralamat di Jalan Cemara No. 6, Jakarta Pusat. Pada tahun 1993 rumah tinggl ini menjadi sebuah galeri seni yang diberi nama Cemara 6 Galeri. Sebelum dijadikan galeri pada tahun 1993, rumah ini merupakan tempat tinggal Ibu Toetti Heraty bersama putera-puterinya. Hingga kini pun ibu Toeti Heraty masih tinggal di alamat tersebut.Beberapa tahun sebelumnya rumah tinggal ini telah dgunakan sebagai kantor Biro Oktoroi Roosseno, kantor Pusat Kebudayaan Jepang, Kantor Yayasan OBOR, dan kantor LIA (Lembaga Indonesia Amerika).Rumah yang berasitektur kolonial Belanda ini telah beberapa kali mengalami renovasi sehingga tidak orisinal lagi, tetapi ada sebagian dari tegel-tegel masa kolonial masih dipertahankan sebagai lantai rumah.Pada tahun 1996, ketika Cemara 6 Galeri di Jalan Cemara No. 6, Jakarta Pusat diperluas ke bagian belakang gedung, yang

Gedung Galeri ini terletak di jalan HOS Cokroaminoto No. 9-11, yang merupakan bagian belakang dari sebuah rumah yang ditempati oleh Ibu Toeti Heraty yang beralamat di Jalan Cemara No. 6, Jakarta Pusat. Pada tahun 1993 rumah tinggl ini menjadi sebuah galeri seni yang diberi nama Cemara 6 Galeri. Sebelum dijadikan galeri pada tahun 1993, rumah ini merupakan tempat tinggal Ibu Toetti Heraty bersama putera-puterinya. Hingga kini pun ibu Toeti Heraty masih tinggal di alamat tersebut.

Beberapa tahun sebelumnya rumah tinggal ini telah dgunakan sebagai kantor Biro Oktoroi Roosseno, kantor Pusat Kebudayaan Jepang, Kantor Yayasan OBOR, dan kantor LIA (Lembaga Indonesia Amerika).

Rumah yang berasitektur kolonial Belanda ini telah beberapa kali mengalami renovasi sehingga tidak orisinal lagi, tetapi ada sebagian dari tegel-tegel masa kolonial masih dipertahankan sebagai lantai rumah.

Pada tahun 1996, ketika Cemara 6 Galeri di Jalan Cemara No. 6, Jakarta Pusat diperluas ke bagian belakang gedung, yang berlokasi di belakang jalan Cemara yaitu di jalan HOS Cokroaminoto No. 9-11, ganungan di jalan Cemara No. 6 tetap digunakan sebagai rumah tinggal Ibu Toeti Heraty dengan ruang permanen koleksi karya lukis, keramik dan barang milik pribadinya. Tahun 2014 lalu rumah tinggal ini difungsikan sebagai museum tempat menyimpan koleksi lukisannya yang berjumlah sekitar 200an (kini Cemara 6 Galeri-Museum).

Berdirinya Cemara 6 Galeri-Museum (C6GM) merupakan salah satu wujud dari upaya pembentukan sebuah pusat kegiatan seni budaya yang telah dirintis dua puluh tiga tahun yang lalu tepatnya sejak 4 Desember tahun 1993. Sambil menunggu realisasi didirikannya Cemara 6 Galeri pada tahun 1993, Mochtar Apin, pelukis dan pengajar pada Fakultas Seni Rupa ITB serta pelukis Salim yang tinggal di Paris sebenarnya yang telah memprakarsai didirikannya sebuah galeri seni yaitu Cemara 6 Galeri, sebagai sarana aktivitas dan apresiasi seni rupa, yang diresmikan pada tahun 1993. Almarhum Mochtar Apin merupakan teman sejawat sebagai dosen pengajar di Institut Teknologi Bandung. Kemudian pada tahun 1996 Cemara 6 Galeri diperluas dengan lokasi barunya tepatnya di belakang rumah yang berfungsi sebagai galeri di Jalan Cemara no. 6. Lokasi ini tepatnya berada di jalan HOS Cokroaminoto No. 9-11 Jakarta Pusat.

Cemara 6 Galeri-Museum menyimpan, menghimpun dan memamerkan karya seni rupa seperti lukisan, sketsa, grafis, patung, keramik, fotografi, seni karya dan seni instalasi. Saat ini Cemara 6 Galeri memiliki sekitar 200 koleksi karya seniman Indonesia dan mancanegara. Luas Area : 839 m2; Luas bangunan : 620 m2; Kapasistas Parkir : 30 mobil; Kapasitas pengunjung : 100 orang; Area Museum juga dilengkapi dengan Audiotorium, Perpustakaan, Artshop, Cafe dan Homestay.

Karya seniman Indonesia dan mancanegara antara lain : Mochtar Apin, Salim, Hendra Gunawan, Affandi, S. Sudjojono, Basoeki Abdullah, Popo Iskandar, Ahmad Sadali, Nashar, Abas Alibasyah, Srihadi Soedarsono, Roesli, Mochtar Lubis, G. Sidharta, Teguh Ostenrik, Kartika Affandi, Charlotte Panggabean, Ratmini Soedjatmoko, Wirantie Kamarga, Astari Rasyid, Dolorosa Sinaga, Iriantine Karnaya, Nyoman Gunarsa, Made Wiyanta, Hildawati Soemantri, F. Widayanto, Paula Isman, Walter Van Oel, Ruud Vanekamp, Semsar Siahaan, Mudji Sutrisno, Bagong Kusudiardjo, Entang Wiharso, Eddie Hara, Gigih Wiyono, Yanuar Ernawati, Yani Mariani S, Chandra Johan.

Cemara 6 Galeri
Jl. HOS Cokroaminoto No. 9-11 Menteng jakarta Pusat 10350
D.K.I. Jakarta

Phone : 021 3911823

Email : cemara6galeri.museum@gmail.com

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    10-00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 10,000
Anak-anak : Rp. 10,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan