Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa


Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa adalah bentuk apresiasi terhadap dinamika proses berbangsa dan bernegara dari masa ke masa yang ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni dan teknologi, Diorama ini memiliki tujuan untuk memberi wawwasan kepada para pengunjung tentang penting arsip dalam proses kehidupan bangsa, memupuk semangat kesatuan dan persatuan bangsa serta tanah air, disamping mengukuhkan arsip sebagai simpul pemersatu bangsa. Perhatian terhadap pentingnya arsip bagi kehidupan berbangsa dan bernegara perlu diwujudkan dalam bentuk visual sebagai rekaman memori kolektif bangsa dan bahan pertanggungjawaban nasional.Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa menceritakan rangkaian peristiwa yang didasarkan kepada arsip, dimulai dari Masa Kejayaan Nusantara, Perjuangan Melawan Penjajahan, Kebangkitan Nasional, Proklamasi Kemerdekaan, Masa mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan, Masa Reformasi, yang diakhiri dengan perenungan di dalam ruang teater. Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa menggunaka

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa adalah bentuk apresiasi terhadap dinamika proses berbangsa dan bernegara dari masa ke masa yang ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni dan teknologi, Diorama ini memiliki tujuan untuk memberi wawwasan kepada para pengunjung tentang penting arsip dalam proses kehidupan bangsa, memupuk semangat kesatuan dan persatuan bangsa serta tanah air, disamping mengukuhkan arsip sebagai simpul pemersatu bangsa. Perhatian terhadap pentingnya arsip bagi kehidupan berbangsa dan bernegara perlu diwujudkan dalam bentuk visual sebagai rekaman memori kolektif bangsa dan bahan pertanggungjawaban nasional.

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa menceritakan rangkaian peristiwa yang didasarkan kepada arsip, dimulai dari Masa Kejayaan Nusantara, Perjuangan Melawan Penjajahan, Kebangkitan Nasional, Proklamasi Kemerdekaan, Masa mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan, Masa Reformasi, yang diakhiri dengan perenungan di dalam ruang teater. Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa menggunakan ruangan seluas 750 m2 terdiri atas 8 hall, masing-masing memuat petikan peristiwa pada episode tertentu.

Sajian peristiwa ditampilkan dengan berbagai teknik, perpaduan antara seni dan teknologi.  8 Hall tersebut yaitu Hall A berisi tentang fasilitas digital book berupa katalog Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa diantaranya arsip khusus mengenai berbagai peristiwa serta menampilkan profil tokoh nasional yang berperan dalam sejarah perjalanan bangsa. Selanjutnya Hall B menampilkan masa kejayaan nusantara hingga masa penjajahan Hindia Belanda di Bumi Pertiwi. Kemudian Hall C bernuansakan pergerakan tokoh-tokoh pemuda yang diawali tahun 1908 hingga tahun 1928. Sajian Diorama pada Hall D mengingatkan pengunjung pada peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Pada Hall E, pengunjung dapat menyaksikan negara Indonesia baru merdeka ini dihantam berbagai gangguan yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada Hall F, pengunjung diajak merenungi peristiwa bersejarah yang terjadi pada 30 September 1965. Hall G, emuat peristiwa terpilih sepanjang rentang waktu 1998 - 2008.

Dan terakhir pada Hall H, pengunjung diajak menyaksikan film tentang sejarah perjuangan bangsa sejak tahun 1942 hingga sekarang. Tayangan ini diharapkan dapat menggugah hati nurani anak bangsa sekaligus sebagai wahana perenungan bahwa kejayaan bangsa hanya bisa dicapai dengan kerja keras dan pengorbanan.

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta Selatan 12560
D.K.I. Jakarta

Phone : 021 7805851

Email : info@anri.go.id

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    09.00 - 15.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan