Galeri Nasional Indonesia


Galeri Nasional Indonesia adalah sebuah lembaga budaya negara yang berfungsi sebagai tempat pameran, dan perhelatan acara seni rupa Indonesia dan mancanegara. Galeri Nasional merupakan institusi milik pemerintah di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kewajiban utama Galeri Nasional adalah melaksanakan pengkajian, pengumpulan, pameran, kemitraan, layanan edukasi dan publikasi karya seni rupa. Lalu fungsi utamanya adalah melindungi, pengembangan dan pemanfaatan aset kesenian (seni rupa) sebagai fasilitas pendidikan dan kebudayaan.Galeri Nasional memiliki beberapa program, seperti pameran, preservasi, seminar keilmuan, diskusi ilmiah, pemutaran film, pertunjukan kesenian, festival. Program tersebut bertujuan untuk sarana pendidikan dan mengenalkan budaya pada masyarakat luas. Koleksi yang terdapa di Galeri Nasional Indonesia merupakan karya dari perupa Indonesia dan mancanegara, kurang lebih terdapat 1800 koleksi yang terdiri dari lukisan, fotograf

Galeri Nasional Indonesia adalah sebuah lembaga budaya negara yang berfungsi sebagai tempat pameran, dan perhelatan acara seni rupa Indonesia dan mancanegara. Galeri Nasional merupakan institusi milik pemerintah di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kewajiban utama Galeri Nasional adalah melaksanakan pengkajian, pengumpulan, pameran, kemitraan, layanan edukasi dan publikasi karya seni rupa. Lalu fungsi utamanya adalah melindungi, pengembangan dan pemanfaatan aset kesenian (seni rupa) sebagai fasilitas pendidikan dan kebudayaan.

Galeri Nasional memiliki beberapa program, seperti pameran, preservasi, seminar keilmuan, diskusi ilmiah, pemutaran film, pertunjukan kesenian, festival. Program tersebut bertujuan untuk sarana pendidikan dan mengenalkan budaya pada masyarakat luas. Koleksi yang terdapa di Galeri Nasional Indonesia merupakan karya dari perupa Indonesia dan mancanegara, kurang lebih terdapat 1800 koleksi yang terdiri dari lukisan, fotografi, patung maupun pahatan. Karya tersebut dipamerkan dalam gedung pamer permanen.

Pameran tetap yang terdapat di Galeri Nasional Indonesia yang menampilkan koleksi dari perupa Indonesia maupun mancanegara tersebut menempati Gedung B lantai 2. Ruang pamer tersebut sempat ditutup untuk umum karena sedang dilakukan revitalisasi / renovasi. Setelah revitalisasi, Pameran ini disajikan dengan penataaan berdasarkan periodisasi perjalanan seni rupa Indonesia yang terbagi dalam dua bagian besar, yaitu Galeri 1 dan Galeri 2 yang dilengkapi teks informasi (detak dan multimedia).

Galeri 1 menampilkan Seni Rupa Modern Indonesia dan Internasional, yang terbagi menjadi tujuh ruang. Diantaranya Ruang 1 : Koleksi Internasional; Ruang 2 : Raden Saleh Sjarif Bustaman (1807-1880); Ruang 3 : Mooi Indie dan Persagi (1920-1942); Ruang 4 dan 5 : Era Pendudukan Jepang, Kemerdekaan Republik Indonesia dan Lahirnya Era Sanggar (1942-1945); serta Ruang 6 dan 7 : Era Akademi Seni rupa (1947 - sekarang).

Sedangkan Galeri 2 terbagi menjadi empat ruang. Diantaranya Ruang 8 dan 9 yang menyuguhkan Gerakan Seni Rupa Baru, serta Ruang 10 dan 11 yang berisi Seni Rupa Kontemporer Indonesia.

Galeri Nasional Indonesia
Jl. Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta 10110
D.K.I. Jakarta

Phone : 021 34833954

Email : galeri.nasional@kemdikbud.go.id

Jam Buka
  • Selasa - Minggu
    09.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan