Jatnika Nanggamihardja


Sejak tahun 1976 H. Jatnika Nanggamihardja yang akrab dipanggil Abah, telah berkreasi di bambu secara profesional. Kreasinya dimulai dari pembuatan kursi dan alat-alat seni untuk memenuhi pesanan dalam negeri hingga berlanjut ke mancanegara antara lain di kawasan Asia, Amerika, Eropa dan Timur Tengah. Dengan semangat untuk melestarikan budaya, Abah terus melakukan eksplorasi. Mulailah membuat gazebo, saung, taman khas Sunda, mushala, hingga yang paling fenomenal adalah menemukan konstruksi rumah bambu hasil eksplorasinya pada awal tahun 1990 an.Menurut pria yang juga dikenal sebagai Abah Jatnika itu, keinginan besarnya untuk terus melakukan kegiatan advokasi terkait konservasi. Kegiatan itu dilakukan dengan melestarikan bambu dilakukan dengan mendirikan Yayasan Bambu di kediamannya di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Abah mengungkapkan, ingin berbagi informasi kepada masyarakat terkait kemanfaatan bambu bagi sistem ekologi. Bambu, ternyata cocok untuk memperbaiki lingkunga

Sejak tahun 1976 H. Jatnika Nanggamihardja yang akrab dipanggil Abah, telah berkreasi di bambu secara profesional. Kreasinya dimulai dari pembuatan kursi dan alat-alat seni untuk memenuhi pesanan dalam negeri hingga berlanjut ke mancanegara antara lain di kawasan Asia, Amerika, Eropa dan Timur Tengah.

Dengan semangat untuk melestarikan budaya, Abah terus melakukan eksplorasi. Mulailah membuat gazebo, saung, taman khas Sunda, mushala, hingga yang paling fenomenal adalah menemukan konstruksi rumah bambu hasil eksplorasinya pada awal tahun 1990 an.

Menurut pria yang juga dikenal sebagai Abah Jatnika itu, keinginan besarnya untuk terus melakukan kegiatan advokasi terkait konservasi. Kegiatan itu dilakukan dengan melestarikan bambu dilakukan dengan mendirikan Yayasan Bambu di kediamannya di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Abah mengungkapkan, ingin berbagi informasi kepada masyarakat terkait kemanfaatan bambu bagi sistem ekologi. Bambu, ternyata cocok untuk memperbaiki lingkungan yang rusak. Yayasan Bambu miliknya juga kerap dijadikan pusat penelitian mahasiswa dan kalangan akademisi.

Selain sebagai aktivis lingkungan berbasis bambu dan inovator rumah bambu, Abah memiliki konsen kegiatan lain sebagai penggerak masyarakat pencak silat nusantara, inovator Senam Hijaiyah Indonesia (SHI), dan aktivis budaya Sunda.

Koleksi


https://www.iheritage.id/public/img/BE/content/maestro/20220317245.png
Desain Rumah Menggunakan Material Bambu
Topik : Liputan Budaya
Lokasi : Jawa Barat
Media : video
https://www.iheritage.id/public/img/BE/content/maestro/20220317661.jpg
Mengenal Abah Jatnika "Bapak Bambu Indonesia"
Topik : Liputan Budaya
Lokasi : Jawa Barat
Media : video
Jatnika Nanggamihardja
Perum Bumi Cibinong Endah, Sukahati, Cibinong Kab. Bogor
Jawa Barat

Website : -

Phone : 0218760374

Email : jatnikakidangkancana@gmail.com

Jam Berkunjung ke Lokasi
  • Senin - Minggu
    09.00 - 17.00
  • Hari Besar Nasional (TUTUP)
Pesan Kunjungan