Monumen Nasional


Monumen Nasional dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, mulai 17 Agustus 1961 dan resmi dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Desain Monumen Nasional dibuat oleh arsitek R. M. Soedarsono berdasarkan konsep yang diinginkan Presiden Soekarno. Monumen ini menjadi pusat dari Lapangan Merdeka karena letaknya yang berada tepat di bagian tengah. Monumen Nasional berbentuk obelisk dengan obor api yang memiliki tinggi keseluruhan 132 m. Bagian paling bawah monumen adalah pelataran berundak persegi empat, yang di keempat sudutnya terdapat tempat khusus untuk menempatkan patung yang hingga sekarang masih kosong. Pada bagian dalam pelataran ini terdapat Museum Sejarah Nasional. Di bagian atas pelataran, terdapat pelataran cawan persegi empat yang dijadikan sebagai Ruang Kemerdekaan. Di puncak Monumen Nasional terdapat obor berbentuk kerucut yang memiliki tinggi 14 m dengan garis tengah 6 m. Obor api atau yang disebut dengan Api Kemerdekaan ini terbuat dari perunggu yang dilapisi emas mu

Monumen Nasional dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, mulai 17 Agustus 1961 dan resmi dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975. Desain Monumen Nasional dibuat oleh arsitek R. M. Soedarsono berdasarkan konsep yang diinginkan Presiden Soekarno. Monumen ini menjadi pusat dari Lapangan Merdeka karena letaknya yang berada tepat di bagian tengah. Monumen Nasional berbentuk obelisk dengan obor api yang memiliki tinggi keseluruhan 132 m.

Bagian paling bawah monumen adalah pelataran berundak persegi empat, yang di keempat sudutnya terdapat tempat khusus untuk menempatkan patung yang hingga sekarang masih kosong. Pada bagian dalam pelataran ini terdapat Museum Sejarah Nasional. Di bagian atas pelataran, terdapat pelataran cawan persegi empat yang dijadikan sebagai Ruang Kemerdekaan. Di puncak Monumen Nasional terdapat obor berbentuk kerucut yang memiliki tinggi 14 m dengan garis tengah 6 m. Obor api atau yang disebut dengan Api Kemerdekaan ini terbuat dari perunggu yang dilapisi emas murni sebanyak 32 kg. Monumen Nasional saat ini berada di bawah kepemilikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan dikelola oleh Unit Pengelola Kawasan Monas. 

Monumen Nasional
Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
D.K.I. Jakarta

Website : -

Phone : (021) 3504333

Email : mtugumonas@yahoo.co.id

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    08.00-22.00
  • Senin (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 20,000
Anak-anak : Rp. 10,000
Wisatawan Asing : Rp. 0
Pesan Kunjungan