Monumen Perjuangan Rakyat Sumatera Bagian Selatan


Monumen Perjuangan Rakyat Sumatera Bagian Selatan atau disebut juga Monpera merupakan museum khusus yang dibangun di Jalan Merdeka. Mengingat bahwa pada masa awal kemerdekaan tempat ini merupakan pusat terjadinya berbagai peristiwa, termasuk sebagai basis pertempuran lima hari lima malam melawan kolonial Belanda. Pembangunan museum dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Daerah Tingkat I Sumatera Selatan yang dilakukan secara bertahap dari tahun anggaran 1980/1981 sampai tahun 1987/1988. Peresmiannya dilaksanakan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat H. Alamsyah Ratu Prawiranegara pada tanggal 23 Februari 1980. Saat ini kepemilikan dan pengelolaan Monpera dipegang oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang.Jenis koleksi yang ada di museum ini terdiri dari teknologika, numismatika, seni rupa, historika, dan infografik. Koleksi yang ditampilkan terdiri dari senjata, uang lama, gambar, foto, patung pahlawaan, dan baju dinas para pahlawan.(Sumber : Katalog Muse

Monumen Perjuangan Rakyat Sumatera Bagian Selatan atau disebut juga Monpera merupakan museum khusus yang dibangun di Jalan Merdeka. Mengingat bahwa pada masa awal kemerdekaan tempat ini merupakan pusat terjadinya berbagai peristiwa, termasuk sebagai basis pertempuran lima hari lima malam melawan kolonial Belanda. Pembangunan museum dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Daerah Tingkat I Sumatera Selatan yang dilakukan secara bertahap dari tahun anggaran 1980/1981 sampai tahun 1987/1988. Peresmiannya dilaksanakan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat H. Alamsyah Ratu Prawiranegara pada tanggal 23 Februari 1980. Saat ini kepemilikan dan pengelolaan Monpera dipegang oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang.

Jenis koleksi yang ada di museum ini terdiri dari teknologika, numismatika, seni rupa, historika, dan infografik. Koleksi yang ditampilkan terdiri dari senjata, uang lama, gambar, foto, patung pahlawaan, dan baju dinas para pahlawan.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Monumen Perjuangan Rakyat Sumatera Bagian Selatan
Jl. Merdeka No.1, Kel. 19 Ilir, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan
Sumatera Selatan

Website : -

Phone : 0711-358450

Email : ukwardhani@gmail.com

Jam Buka
  • Selasa - Minggu
    08.00 - 15.30 ; 08.00 - 11.30
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 1,000
Wisatawan Asing : Rp. 20,000
Pesan Kunjungan