Monumen Pers Nasional


Monumen Pers Nasional merupakan museum khusus yang diresmikan pada 9 Februari 1978 oleh Presiden Soeharto sebagai bentuk penghargaan terhadap peran pers dalam perjuangan Bangsa Indonesia. Pada tahun 1933 di Gedung Societeit (awal sebelum berubah nama menjadi Monumen Pers Nasional) diadakan rapat yang dipimpin oleh R.M. Ir. Sarsito Mangunkusumo yang melahirkan stasiun radio baru yang bernama Solosche Vereeniging (SRV) sebagai radio pertama kaum pribumi dengan semangat kebangsaan. Di gedung ini pula, organisasi profesi kewartawanan pertama yaitu Persatuan Waratawan Indonesia (PWI) terbetuk pada 9 Pebruari 1946, tanggal ini ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Wartawan Indonesia dan Hari Pers Nasional.Museum ini menyajikan pengetahuan serta dokumentasi tentang sejarah pers nasional melalui koleksi benda bersejarah yang berasal dari Sabang hingga Merauke serta napak tilas para pejuang di bidang pers dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Contoh koleksinya adalah koran lama

Monumen Pers Nasional merupakan museum khusus yang diresmikan pada 9 Februari 1978 oleh Presiden Soeharto sebagai bentuk penghargaan terhadap peran pers dalam perjuangan Bangsa Indonesia. Pada tahun 1933 di Gedung Societeit (awal sebelum berubah nama menjadi Monumen Pers Nasional) diadakan rapat yang dipimpin oleh R.M. Ir. Sarsito Mangunkusumo yang melahirkan stasiun radio baru yang bernama Solosche Vereeniging (SRV) sebagai radio pertama kaum pribumi dengan semangat kebangsaan. Di gedung ini pula, organisasi profesi kewartawanan pertama yaitu Persatuan Waratawan Indonesia (PWI) terbetuk pada 9 Pebruari 1946, tanggal ini ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Wartawan Indonesia dan Hari Pers Nasional.

Museum ini menyajikan pengetahuan serta dokumentasi tentang sejarah pers nasional melalui koleksi benda bersejarah yang berasal dari Sabang hingga Merauke serta napak tilas para pejuang di bidang pers dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Contoh koleksinya adalah koran lama, mesin ketik, dan kamera. Monumen pers nasional berada di bawah kepemilikan Kementerian Komunikasi Informatika. 

Monumen Pers Nasional
Jl. Gajah Mada No. 59, Surakarta
Jawa Tengah

Website : mpn.kominfo.go.id

Phone : (0271) 711494

Email : mpn@mail.kominfo.go.id

Jam Buka
  • Setiap Hari
    08.00-16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan