MURI-Museum Rekor Dunia Indonesia


Pada 27 Januari 1990, Jaya Suprana memprakarsai berdirinya Museum Rekor Dunia Indonesia di Semarang yang dilatarbekangi oleh belum adanya lembaga pencatat rekor di Indonesia. MURI didirikan demi menegakkan pilar-pilar kebanggaan nasional bangsa Indonesia agar bangsa Indonesia mampu dan mau menghargai karsa dan karya bukan bangsa asing namun bangsa Indonesia. Awalnya lembaga yang didirikan oleh Jaya Suprana pada 27 Januari 1990 ini disebut Museum Rekor Indonesia yang disingkat menjadi MURI. Dalam perkembangannya kemudian berubah menjadi Museum Rekor-Dunia Indonesia pada 14 Agustus 2005, bersamaan dengan peresmian Galeri MURI di kawasan wisata Candi Borobudur. Banyak sekali tercipta rekor-rekor baru yang bisa dikatakan juga merupakan rekor dunia. Inilah alasan mengapa nama MURI bertransformasi menjadi Museum RekorDunia Indonesia. Museum rekor dunia Indonesia dikelola oleh Institut Prestasi Nasional. Di museum ini, pengunjung dapat melihat galeri, ruang teater, komputer layar sentuh, dan

Pada 27 Januari 1990, Jaya Suprana memprakarsai berdirinya Museum Rekor Dunia Indonesia di Semarang yang dilatarbekangi oleh belum adanya lembaga pencatat rekor di Indonesia. MURI didirikan demi menegakkan pilar-pilar kebanggaan nasional bangsa Indonesia agar bangsa Indonesia mampu dan mau menghargai karsa dan karya bukan bangsa asing namun bangsa Indonesia. Awalnya lembaga yang didirikan oleh Jaya Suprana pada 27 Januari 1990 ini disebut Museum Rekor Indonesia yang disingkat menjadi MURI. Dalam perkembangannya kemudian berubah menjadi Museum Rekor-Dunia Indonesia pada 14 Agustus 2005, bersamaan dengan peresmian Galeri MURI di kawasan wisata Candi Borobudur. Banyak sekali tercipta rekor-rekor baru yang bisa dikatakan juga merupakan rekor dunia. Inilah alasan mengapa nama MURI bertransformasi menjadi Museum RekorDunia Indonesia.

Museum rekor dunia Indonesia dikelola oleh Institut Prestasi Nasional. Di museum ini, pengunjung dapat melihat galeri, ruang teater, komputer layar sentuh, dan photo booth (augmented reality).

MURI-Museum Rekor Dunia Indonesia
Jl. Perintis Kemerdekaan No.275, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah
Jawa Tengah

Phone : (0247) 475 172

Email : officesemarang@muri.org

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    08.00-16.00
  • Sabtu, Minggu dan hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 10,000
Anak-anak : Rp. 10,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan