Museum Badau


Museum Badau merupakan museum khusus yang memamerkan koleksi peninggalan Kerajaan Badau. Sejak abad ke-15 di Belitung telah berdiri sebuah kerajaan yaitu Kerajaan Badau dengan Datuk Dalung Moyang Gersik sebagai raja pertama. Pusat pemerintahannya di sekitar daerah yang sekarang ini dikenal dengan daerah Pelulusan. Wilayah kekuasaannya meliputi daerah Badau, Ibul, Bange, Bentaian, Simpang Tiga, bahkan jauh sampai ke daerah Buding, Manggar, dan Gantung. Saat ini penerus kerajaan dipegang oleh seorang ahli waris yaitu Johar Djuki. Johar Djuki merupakan pewaris Kerajaan Badau generasi ke-10.Beberapa peninggalan sejarah yang menunjukkan sisa-sisa Kerajaan Badau dapat ditemui dan dilihat di Museum Badau. Museum ini didirikan pada tahun 1989 oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung untuk menjaga dan melestarikan sejarah peninggalan Kerajaan Badau. Koleksi Museum Badau sebagian diperoleh dari sumbangan dan titipan dari masyarakat Badau, baik yang masih tinggal di Badau, maupun yang sudah ting

Museum Badau merupakan museum khusus yang memamerkan koleksi peninggalan Kerajaan Badau. Sejak abad ke-15 di Belitung telah berdiri sebuah kerajaan yaitu Kerajaan Badau dengan Datuk Dalung Moyang Gersik sebagai raja pertama. Pusat pemerintahannya di sekitar daerah yang sekarang ini dikenal dengan daerah Pelulusan. Wilayah kekuasaannya meliputi daerah Badau, Ibul, Bange, Bentaian, Simpang Tiga, bahkan jauh sampai ke daerah Buding, Manggar, dan Gantung. Saat ini penerus kerajaan dipegang oleh seorang ahli waris yaitu Johar Djuki. Johar Djuki merupakan pewaris Kerajaan Badau generasi ke-10.

Beberapa peninggalan sejarah yang menunjukkan sisa-sisa Kerajaan Badau dapat ditemui dan dilihat di Museum Badau. Museum ini didirikan pada tahun 1989 oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung untuk menjaga dan melestarikan sejarah peninggalan Kerajaan Badau. Koleksi Museum Badau sebagian diperoleh dari sumbangan dan titipan dari masyarakat Badau, baik yang masih tinggal di Badau, maupun yang sudah tinggal menyebar di kota-kota seperti Gantung, Membalong, Tanjungpandan, dan adapula yang di Bogor. Koleksi unggulan yang dimiliki Museum Badau adalah Tombak Berlek 13. Museum Badau saat ini berada di bawah kepemilikan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dan dikelola oleh keturunan Kerajaan Badau.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Badau
Jl. Badau, Badau, Kab. Belitung
Kepulauan Bangka Belitung

Website : -

Phone : 081933370844

Email : kominfo@belitungkab.go.id

Jam Buka
  • Senin- Sabtu
    07.30 - 12.00
  • Minggu dan Hari Besar Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 2,000
Anak-anak : Rp. 2,000
Wisatawan Asing : Rp. 2,000
Pesan Kunjungan