Museum Al Quran PTIQ Jakarta


Museum PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an) adalah sebuah bangunan sebagai fasilitas tambahan dari pada instansi pendidikan Institut PTIQ yang berada di Jakarta Selatan. Berdiri sejak 1969, berlokasi di daerah Kebayoran Baru, setelah Institut resmi berdiri pada 1 April 1971 maka museum pun dipindahkan ke Institut.   Walaupun luasnya hanya sebesar ruang kuliah pada umumnya, namun banyak koleksi yang memiliki nilai histories yang luar biasa disana. Koleksinya berupa mushaf dari abad ke-15 yang masih ditulis tangan hingga masa kini yang sudah dicetak mesin, termasuk cetakan dengan huruf Braille.Bukan hanya mushaf di nusantara, museum ini juga mengoleksi mushaf dari berbagai negara, terutama di kawasan Timur Tengah, semisal duplikat mushaf yang merupakan lembaran-lembaran yang berasal dari zaman Usman bin Affan. Museum ini terletak di dalam perpustakaan Institut PTIQ dan dibangun sebagai fasilitas tambahan Institut PTIQ.   Koleksi mushaf tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia, t

Museum PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an) adalah sebuah bangunan sebagai fasilitas tambahan dari pada instansi pendidikan Institut PTIQ yang berada di Jakarta Selatan. Berdiri sejak 1969, berlokasi di daerah Kebayoran Baru, setelah Institut resmi berdiri pada 1 April 1971 maka museum pun dipindahkan ke Institut.  

Walaupun luasnya hanya sebesar ruang kuliah pada umumnya, namun banyak koleksi yang memiliki nilai histories yang luar biasa disana. Koleksinya berupa mushaf dari abad ke-15 yang masih ditulis tangan hingga masa kini yang sudah dicetak mesin, termasuk cetakan dengan huruf Braille.

Bukan hanya mushaf di nusantara, museum ini juga mengoleksi mushaf dari berbagai negara, terutama di kawasan Timur Tengah, semisal duplikat mushaf yang merupakan lembaran-lembaran yang berasal dari zaman Usman bin Affan. Museum ini terletak di dalam perpustakaan Institut PTIQ dan dibangun sebagai fasilitas tambahan Institut PTIQ.   Koleksi mushaf tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia, terdapat pula koleksi mushaf dari Lebanon, Iraq, Taiwan, Jepang, Mesir, Yaman Selatan, dan lain-lain. Contoh koleksinya seperti duplikat mushaf dari zaman Usman bin Affan. Total koleksi yang terdapat pada museum ini yaitu 70 Al-Quran dari 23 negara yang di kumpulkan sejak 1935 sampai 1993.

Museum Al Quran PTIQ Jakarta
Jl. Batan 1 no. 2 (Jl. Lebak Bulus Raya), Lebak Bulus, Cilandak Jakarta Selatan 12440
D.K.I. Jakarta

Website : ptiq.ac.id

Phone : 021 -7590901

Email : admin@ptiq.ac.id

Jam Buka
  • Senin- Sabtu
    08.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan