Museum Anatomi Unika Atmajaya


Museum Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya diresmikan pada tanggal  5 Juni 1995 bersamaan dengan Lustrum ke 35 Unika Atma Jaya. Pendirian museum diprakarsai oleh dr. Liliana Sugiharto , MS. PAK (K), lulusan angkatan pertama FKUAJ. Dr. Liliana banyak belajar dari Museum Anatomi Katholieke Universiteit Nijmegen, Belanda, di bawah pengawasan Dr. L.M.G. Geeraedts. Pada 2014 Museum Anatomi direnovasi. Selain memperluas ruangan, tata pamer museum pun diubah. Peresmiannya dilakukan pada tanggal  16 Mei 2014 dan diberkati oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo.Pendirian Museum Anatomi bertujuan sebagai tempat sumber belajar anatomi tubuh manusia secara utuh terintegrasi dengan cabang ilmu lain di dunia kesehatan.Sesuai namanya, maka koleksi museum ini umumnya berupa potongan tubuh manusia, termasuk janin berusia dua minggu hingga dua bulan. Koleksi lain menggambarkan sistem yang ada di dalam tubuh manusia, misalnya potongan jantung, paru, dan otak. Sejumlah org

Museum Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya diresmikan pada tanggal  5 Juni 1995 bersamaan dengan Lustrum ke 35 Unika Atma Jaya. Pendirian museum diprakarsai oleh dr. Liliana Sugiharto , MS. PAK (K), lulusan angkatan pertama FKUAJ. Dr. Liliana banyak belajar dari Museum Anatomi Katholieke Universiteit Nijmegen, Belanda, di bawah pengawasan Dr. L.M.G. Geeraedts. Pada 2014 Museum Anatomi direnovasi. Selain memperluas ruangan, tata pamer museum pun diubah. Peresmiannya dilakukan pada tanggal  16 Mei 2014 dan diberkati oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo.

Pendirian Museum Anatomi bertujuan sebagai tempat sumber belajar anatomi tubuh manusia secara utuh terintegrasi dengan cabang ilmu lain di dunia kesehatan.Sesuai namanya, maka koleksi museum ini umumnya berupa potongan tubuh manusia, termasuk janin berusia dua minggu hingga dua bulan. Koleksi lain menggambarkan sistem yang ada di dalam tubuh manusia, misalnya potongan jantung, paru, dan otak. Sejumlah organ yang ditampilkan itu dilengkapi dengan gambaran radiologi, yang di mata awam dikenal sebagai foto rontgen. Jenis-jenis gigi dalam bentuk cetakan dan berbagai alat peraga, juga dipajang di sini. Bidang patologi tercakup dalam museum ini karena koleksi yang ditampilkan merupakan sebagian dari contoh penyakit.

Museum Anatomi Unika Atmajaya
Jl. Pluit Raya 2, RT. 21 RW. 8, Penjaringan , Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta 14440
D.K.I. Jakarta

Website : atmajaya.ac.id

Phone : 021 – 6694366

Email : museumanatomiatmajaya@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    09.00 - 15.00
  • Minggu dan Hari Besar Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 25,000
Anak-anak : Rp. 20,000
Wisatawan Asing : Rp. 25,000
Pesan Kunjungan