Museum Bank Indonesia


Bank Indonesia adalah Bank Sentral Republik Indonesia. Bank Indonesia merupakan lembaga Negara yang berperan vital karena kebijakan-kebijakannya memiliki dampak langsung bagi perekonomian Indonesia. Dalam upaya mengedukasi masyarakat mengenai peran Bank Indonesia dalam rangkaian sejarah perjalanan bangsa, Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan mendirikan Museum Bank Indonesia (Museum BI). Museum BI menempati bekas gedung De javasche Bank, yang merupakan salah satu gedung peningalan masa kolonial, dan bangunan Museum BI tersebut kini ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya. Museum BI memamerkan kebijakan-kebijakan  Bank Indonesia yang disajikan dengan kecanggihan teknologi guna memberi pelayanan terbaik dalam mempelajari masa lalu, masa kini, dan masa depan terkait sejarah perekonomian Indonesia.Museum Bank Indonesia dibuka untuk publik pada Desember 2006 dan diresmikan oleh  Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 juli 2009. Sepuluh tahun semenjak dibuka, Museum BI memper

Bank Indonesia adalah Bank Sentral Republik Indonesia. Bank Indonesia merupakan lembaga Negara yang berperan vital karena kebijakan-kebijakannya memiliki dampak langsung bagi perekonomian Indonesia. Dalam upaya mengedukasi masyarakat mengenai peran Bank Indonesia dalam rangkaian sejarah perjalanan bangsa, Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan mendirikan Museum Bank Indonesia (Museum BI). Museum BI menempati bekas gedung De javasche Bank, yang merupakan salah satu gedung peningalan masa kolonial, dan bangunan Museum BI tersebut kini ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya. Museum BI memamerkan kebijakan-kebijakan  Bank Indonesia yang disajikan dengan kecanggihan teknologi guna memberi pelayanan terbaik dalam mempelajari masa lalu, masa kini, dan masa depan terkait sejarah perekonomian Indonesia.

Museum Bank Indonesia dibuka untuk publik pada Desember 2006 dan diresmikan oleh  Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 juli 2009. Sepuluh tahun semenjak dibuka, Museum BI memperbarui tata letak dan tata pamer menjadi tiga bagian; Klaster Sejarah dan Kelembagaan Bank Indonesia, Klaster Numismatik, dan Klaster Sejarah Gedung dan Arsitektur.

Keberadaan Museum Bank Indnesia diharapkan dapat memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat mengenai BanK Indonesia dan perannya sebagai bank sentral di Indonesia. Museum BI juga diharapkan dapat menjadi wahana pendidikan dan penelitian bagi masyarakat Indonesia maupun International tentang fungsi dan tugas BI, di samping merupakan wahana komunikasi kebijakan dan rekreasi yang bersifat edukatif.

Museum Bank Indonesia tidak hanya menyajikan ruang koleksi , beberapa fasilitas disediakan demi menunjang kebutuhan pengunjung. Fasilitas – fasilitas tambahan yang disediakan antara lain ruang penitipan barang, pusat informasi Bank Indonesia, ruang auditorium, ruang perpustakaan, ruang serbaguna, ruang teater, café dan kios cenderamata.
Pada tahun 2018, Museum Bank Indonesia membuka ruang audio visual yang dinamakan Immersive Cinema membuat pengunjung dapat merasakan atmosfer yang mirip seperti di dunia nyata , meski hanya melalui tayangan digital, Berkat kecanggihan dan keunikan Ruang Immersive Cinema, Museum Bank Indonesia mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai museum bidang perbankan pertama di dunia yang menggunakan empat sisi dengan teknologi resolum arena.

Museum Bank Indonesia
Jl. Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta Barat, Indonesia
D.K.I. Jakarta

Phone : 021-2600158

Email : museum@bi.go.id

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    08.00-15.30
  • Senin dan Hari Besar Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 0
Wisatawan Asing : Rp. 5,000
Pesan Kunjungan