Museum Bank Rakyat Indonesia


Museum Bank Rakyat Indonesia merupakan museum khusus yang berada di kota kelahiran BRI, yaitu Purwokerto. Peresmian museum dilakukan pada 19 Desember 1990. Museum ini terdiri dari tiga bagian yaitu Gedung Bank Priyayi, Monumen Raden Aria Wirjaatmadja, dan Gedung Museum. Pada tanggal 16 Desember 1895 dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. BRI pernah berhenti beroperasi pada masa perang tahun 1948 dan kembali beroperasi pada tahun 1949 dengan nama Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada 1968 namanya menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan menjadi Perseroan Terbatas (PT) pada 1 agustus 1992 yang kemudian menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.Museum BRI menempati gedung yang pertama kali digunakan oleh BRI. Di museum ini banyak sekali koleksi barang dan peralatan yang dulunya dipakai untuk operasional Bank BRI seperti mesin pembukuan dari berbagai merk, pesawat telepon, peti besi, lemari besi, mesin penghitung uang dan lainnya. Ada juga koleksi uang

Museum Bank Rakyat Indonesia merupakan museum khusus yang berada di kota kelahiran BRI, yaitu Purwokerto. Peresmian museum dilakukan pada 19 Desember 1990. Museum ini terdiri dari tiga bagian yaitu Gedung Bank Priyayi, Monumen Raden Aria Wirjaatmadja, dan Gedung Museum. Pada tanggal 16 Desember 1895 dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. BRI pernah berhenti beroperasi pada masa perang tahun 1948 dan kembali beroperasi pada tahun 1949 dengan nama Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada 1968 namanya menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan menjadi Perseroan Terbatas (PT) pada 1 agustus 1992 yang kemudian menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Museum BRI menempati gedung yang pertama kali digunakan oleh BRI. Di museum ini banyak sekali koleksi barang dan peralatan yang dulunya dipakai untuk operasional Bank BRI seperti mesin pembukuan dari berbagai merk, pesawat telepon, peti besi, lemari besi, mesin penghitung uang dan lainnya. Ada juga koleksi uang kertas dan koin lama dari berbagai negara. Koleksi lainnya berupa pakaian dan aksesori milik RA Wiryaatmadja, diorama dengan berbagai suasana seperti di bank, pasar, dan lainnya di masa lalu. Museum ini berada di bawah kepemilikan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan dikelola oleh BRI Kantor Cabang Purwokerto. 

Museum Bank Rakyat Indonesia
Jl. Jenderal Sudirman No. 57, Purwokerto Jawa Tengah
Jawa Tengah

Phone : (0281) 635098

Email : museumbri2014@gmail.com

Jam Buka
  • Minggu-Kamis
    09.00-14.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan