Museum Benteng Heritage


Museum Benteng Heritage merupakan museum khusus yang menempati bangunan berarsitektur Tionghoa yang diduga merupakan bangunan tertua di Kota Tangerang. Bangunan museum diperkirakan dibangun pada abad ke-17 kemudian direstorasi dan diresmikan sebagai museum pada tahun 2011. Kepemilikan dan pengelolaan museum dipegang oleh Yayasan Benteng Heritage. Museum ini menjadi salah satu cara untuk melestarikan peninggalan sejarah di wilayah kota Tangerang ini.Museum Benteng Heritage menampilkan hal-hal unik dibalik sejarah kehidupan etnis Tionghoa di Indonesia dan artefaknya yang menjadi saksi bisu sejarah. Cerita yang ditampilkan mulai dari pendaratan nenek moyang orang-orang Tionghoa Tangerang (Cina Benteng) di Teluk Naga pada tahun 1407 yang dipimpin oleh Cheng Ci Lung. Ia diduga merupakan bagian dari rombongan Armada Cheng Ho, Laksamana Tiongkok yang berlayar ke Nan Yang (Laut Selatan). Selain itu, pengunjung juga dapat mengikuti program-program museum seperti Heritage walk, workshop kuliner,

Museum Benteng Heritage merupakan museum khusus yang menempati bangunan berarsitektur Tionghoa yang diduga merupakan bangunan tertua di Kota Tangerang. Bangunan museum diperkirakan dibangun pada abad ke-17 kemudian direstorasi dan diresmikan sebagai museum pada tahun 2011. Kepemilikan dan pengelolaan museum dipegang oleh Yayasan Benteng Heritage. Museum ini menjadi salah satu cara untuk melestarikan peninggalan sejarah di wilayah kota Tangerang ini.

Museum Benteng Heritage menampilkan hal-hal unik dibalik sejarah kehidupan etnis Tionghoa di Indonesia dan artefaknya yang menjadi saksi bisu sejarah. Cerita yang ditampilkan mulai dari pendaratan nenek moyang orang-orang Tionghoa Tangerang (Cina Benteng) di Teluk Naga pada tahun 1407 yang dipimpin oleh Cheng Ci Lung. Ia diduga merupakan bagian dari rombongan Armada Cheng Ho, Laksamana Tiongkok yang berlayar ke Nan Yang (Laut Selatan). Selain itu, pengunjung juga dapat mengikuti program-program museum seperti Heritage walk, workshop kuliner, dan seminar/workshop fotografi.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Benteng Heritage
Jl. Cilame No. 20, Pasar Lama Tangerang
Banten

Phone : 021-55791139

Email : info@bentengheritage.com

Jam Buka
  • Selasa - Minggu
    10-00 - 17.00
  • Senin dan Hari Besar Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 20,000
Anak-anak : Rp. 10,000
Wisatawan Asing : Rp. 20,000
Pesan Kunjungan