Museum Biologi UGM


Museum Biologi UGM merupakan museum khusus yang didirikan atas gagasan dari Prof. Drg. RG Indrayana dan Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto. Beliau berdua adalah tenaga pendidik Fakultas Biologi UGM. Awalnya, koleksi museum ini merupakan penggabungan dari koleksi Museum Zoologicum yang dikelola. Prof. Drg. RG Indrayana dan koleksi Museum Herbarium yang dikelola Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto. Sejak tahun 1956, kedua museum ini bersama-sama berada di bawah Fakultas Biologi UGM, yang kala itu masih bertempat di Ndalem Mangkubumen, Ngasem, Kondang dengan sebutan Fakultas Kompleks Ngasem.Pada perkembangan selanjutnya, atas prakarsa Dekan Fakultas Biologi, Ir. Suryo Adisewoyo (alm.), bertepatan dengan Dies Natalis Fakultas Biologi UGM, pada 20 September 1969, diresmikanlah Museum Biologi yang terletak di Jalan Sultan Agung Nomor 22, Kecamatan Mergangsan, Kotamadya Yogyakarta, Provinsi DIY. Peresmian dilakukan oleh Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Soeroso H. Prawirohardjo, M.A. Museum Biolog

Museum Biologi UGM merupakan museum khusus yang didirikan atas gagasan dari Prof. Drg. RG Indrayana dan Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto. Beliau berdua adalah tenaga pendidik Fakultas Biologi UGM. Awalnya, koleksi museum ini merupakan penggabungan dari koleksi Museum Zoologicum yang dikelola. Prof. Drg. RG Indrayana dan koleksi Museum Herbarium yang dikelola Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto. Sejak tahun 1956, kedua museum ini bersama-sama berada di bawah Fakultas Biologi UGM, yang kala itu masih bertempat di Ndalem Mangkubumen, Ngasem, Kondang dengan sebutan Fakultas Kompleks Ngasem.

Pada perkembangan selanjutnya, atas prakarsa Dekan Fakultas Biologi, Ir. Suryo Adisewoyo (alm.), bertepatan dengan Dies Natalis Fakultas Biologi UGM, pada 20 September 1969, diresmikanlah Museum Biologi yang terletak di Jalan Sultan Agung Nomor 22, Kecamatan Mergangsan, Kotamadya Yogyakarta, Provinsi DIY. Peresmian dilakukan oleh Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Soeroso H. Prawirohardjo, M.A. Museum Biologi UGM mulai dibuka untuk umum sejak 1 Januari 1970. Koleksi unggulan yang dimiliki museum berupa, kerangka gajah Nyi Bodro yang berasal dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, badak Jawa, dugong, kuda, dan walabi.

Museum Biologi UGM
Jl. Sultan Agung No. 22, Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Phone : (0274) 376740

Email : mus_bio@ugm.ac.id

Jam Buka
  • Selasa-Jumat
    07.30-16.00
  • Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 7,000
Anak-anak : Rp. 5,000
Wisatawan Asing : Rp. 15,000
Pesan Kunjungan