Museum Blambangan


Museum Blambangan merupakan museum umum yang didirikan pada 25 Desember 1977 dan diresmikan oleh Gubernur Tingkat I Jawa Timur yaitu Soenandar Priyoseodarmo. Pengembangan museum ini mempunyai tujuan untuk melestarikan warisan budaya bangsa khususnya jenis peninggalan bersejarah yang menjadi milik masyarakat Kabupaten Banyuwangi. Museum ini diberi nama Blambangan karena konon dulu di wilayah ini merupakan wilayah bekas Kerajaan Blambangan yang cukup dikenal, pada waktu kejayaan Kerajaan Majapahit.Pada awalnya Museum Blambangan menempati bangunan peninggalan Belanda yang sempat berfungsi sebagai Kantor Pembantu Bupati atau Kawedanan. Bangunan kuno tersebut mulai difungsikan sebagai museum sejak 2003. Setelah otonomi daerah, pengelolaan museum dialihkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi dan pada 2 Januari 2004, lokasi museum dipindahkan ke Lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Saat ini museum dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum

Museum Blambangan merupakan museum umum yang didirikan pada 25 Desember 1977 dan diresmikan oleh Gubernur Tingkat I Jawa Timur yaitu Soenandar Priyoseodarmo. Pengembangan museum ini mempunyai tujuan untuk melestarikan warisan budaya bangsa khususnya jenis peninggalan bersejarah yang menjadi milik masyarakat Kabupaten Banyuwangi. Museum ini diberi nama Blambangan karena konon dulu di wilayah ini merupakan wilayah bekas Kerajaan Blambangan yang cukup dikenal, pada waktu kejayaan Kerajaan Majapahit.

Pada awalnya Museum Blambangan menempati bangunan peninggalan Belanda yang sempat berfungsi sebagai Kantor Pembantu Bupati atau Kawedanan. Bangunan kuno tersebut mulai difungsikan sebagai museum sejak 2003. Setelah otonomi daerah, pengelolaan museum dialihkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi dan pada 2 Januari 2004, lokasi museum dipindahkan ke Lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Saat ini museum dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Blambangan. Jenis koleksi yang ada di museum ini terdiri dari etnografika, arkeologika, histotrika, numistika, fiologika, keramologika dan seni rupa.

Museum Blambangan
Jl. Jenderal Ahmad Yani No.78, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jawa Timur

Website : -

Phone : (0333) 424172

Email : jingga.banyuwangi@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    08.00-15.00
  • Sabtu, Minggu dan hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan