Museum BPK RI


Museum BPK RI merupakan museum khusus yang didirikan pada 4 Desember 1997 dan diresmikan oleh Dr. JB. Sumarlin. Bangunan museum dulunya merupakan bagian dari Kompleks Karesidenan Kedu. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dibentuk berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 pasal 23 ayat 5. Selanjutnya dengan penetapan Pemerintah RI Nomor 11/Oem tanggal 28 Desember 1946, BPK RI membuka kantor pertama di Magelang. Pada waktu pertama kali dibentuk Badan Pemeriksa Keuangan hanya mempunyai pegawai 9 orang dan R. Soerasno diangkat sebagai Ketua, Dr. Aboetari diangkat sebagai Anggota dan Djunaedi sebagai Sekretaris yang berfungsi penuh mulai 1 Januari 1947. Di Gedung ini pertama kali Badan Pemeriksa Keuangan berkantor, letaknya berada di sayap kiri gedung Kantor Karesidenan Kedu (Museum BPK yang sekarang). Keberadaan Museum BPK RI telah menjadi rujukan publik mengenai sejarah lahirnya suatu lembaga negara bernama Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Seiring dengan tingginya

Museum BPK RI merupakan museum khusus yang didirikan pada 4 Desember 1997 dan diresmikan oleh Dr. JB. Sumarlin. Bangunan museum dulunya merupakan bagian dari Kompleks Karesidenan Kedu. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dibentuk berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 pasal 23 ayat 5. Selanjutnya dengan penetapan Pemerintah RI Nomor 11/Oem tanggal 28 Desember 1946, BPK RI membuka kantor pertama di Magelang. Pada waktu pertama kali dibentuk Badan Pemeriksa Keuangan hanya mempunyai pegawai 9 orang dan R. Soerasno diangkat sebagai Ketua, Dr. Aboetari diangkat sebagai Anggota dan Djunaedi sebagai Sekretaris yang berfungsi penuh mulai 1 Januari 1947. Di Gedung ini pertama kali Badan Pemeriksa Keuangan berkantor, letaknya berada di sayap kiri gedung Kantor Karesidenan Kedu (Museum BPK yang sekarang).

Keberadaan Museum BPK RI telah menjadi rujukan publik mengenai sejarah lahirnya suatu lembaga negara bernama Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Seiring dengan tingginya animo masyarakat terhadap informasi BPK RI dan harapan pimpinan BPK RI saat in untuk mengembangkan Museum BPK RI dengan tampilan ruangan yang lebih informatif, kreatif, dan edukatif, antara lain wajah BPK RI, titik nol, rekam jejak, kids museum, dan audio visual. Saat ini museum dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum BPK.

Museum BPK RI
Jl. Diponegoro No1, Magelang, Jawa Tengah
Jawa Tengah

Website : museum.bpk.go.id

Phone : (0293)310230

Email : museum.bpkri@bpk.go.id

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    09.00-15.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan