Museum Budaya Betawi


Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang merupkan suatu kawasan di Jakarta Selatan dengan komunitas yang tumbuh dan berkembang bersama Budaya Betawi yang meliputi kesenian, adat istiadat, religi, kuliner, pakaian serta arsitektur. Luas area kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan sekitar 289 Ha. Kawasan PBB terletak di kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa kota Administrasi Jakarta Selatan. Kawasan PBB setu Babakan dapat dijumpai aktifitas keseharian masyarakat Betawi seperti latihan pukul atau pencak silat, upacara pengantin, memancing, menjala, budi daya ikan, bertani, berdagang sampai pada kegiatan memasak makanan Betawi.Wisatawan yang berkunjung di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dapat menikmati tiga objek wisata sekaligus pertama Wisata Budaya seperti menyaksikan pagelaran seni musik, tari dan teater tradisional Betawi yang ditampilkan secara regular setiap minggu sore menyaksikan anak-anak berlatih silat Betawi dan berlatih menari, membuat kue dan min
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang merupkan suatu kawasan di Jakarta Selatan dengan komunitas yang tumbuh dan berkembang bersama Budaya Betawi yang meliputi kesenian, adat istiadat, religi, kuliner, pakaian serta arsitektur. Luas area kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan sekitar 289 Ha. Kawasan PBB terletak di kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa kota Administrasi Jakarta Selatan.

Kawasan PBB setu Babakan dapat dijumpai aktifitas keseharian masyarakat Betawi seperti latihan pukul atau pencak silat, upacara pengantin, memancing, menjala, budi daya ikan, bertani, berdagang sampai pada kegiatan memasak makanan Betawi.

Wisatawan yang berkunjung di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dapat menikmati tiga objek wisata sekaligus pertama Wisata Budaya seperti menyaksikan pagelaran seni musik, tari dan teater tradisional Betawi yang ditampilkan secara regular setiap minggu sore menyaksikan anak-anak berlatih silat Betawi dan berlatih menari, membuat kue dan minuman khas (Bir Plethok), berkeliling kampung menengok rumah industri pembuatan Bir Pletok, dodol Betawi, bengkel batik, serta berkuda dan naik delman. Kedua, Wisata Air yaitu tersedia sepeda air dan perahu naga atau memancing. Ketiga Wisata Argo, pengunjung dapat mencoba bercocok tanam di kebun yang di sediakan di Zona Pengembangan. Museum Betawi mulai dibuka untuk umum sejak diselenggarakan Lebaran Betawi ke-11 pada tanggal 28 Juli 2017. Galeri yang terbuka untuk umum baru satu ruangan. Pada saat itu dipamerkan koleksi-koleksi pinjaman dari para kolektor, Museum Sejarah Jakarta, Museum MH Thamrin, Museum Tekstil, Museum Wayang, dan Museum Bahari. Menginjak tahun kedua Embrio Museum Betawi berupaya menambah ruang pamer untuk lantai 2 dan lantai 3 seiiring bertambahnya hibah koleksi dari para tokoh Betawi.

Terdapat fasilitas untuk pengunjung museum yaitu ruang auditorium, ruang pamer, perpustakaan, rumah adat Betawi, amphiteater. Adapun aktifitas pengunjung ialah workshop kuliner Betawi, workshop batik Betawi, workshop membuat mini ondel-ondel, workshop membuat kerak telor, workshop selendang mayang, foto dengan kostum Betawi, workshop tari Betawi, dan pagelaran kesenian Betawi secara regular.

Museum Budaya Betawi
Jl. RM Kahfi II RT 013 / RW 008 Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, kode pos 12630
D.K.I. Jakarta

Phone : 021-78893258

Email : upkpbbsetubabakan@yahoo.co.id

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    09.00 - 15.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan