Museum Budaya dan Sejarah Siak Balai Rung Sri


Museum Budaya dan Sejarah Siak Balai Rung Sri merupakan museum umum yang menggunakan Bangunan Cagar Budaya Balai Kerapatan Tinggi Siak. Balai ini dibangun tahun 1886 pada masa pemerintah Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin, Sultan Siak ke-11. Arsitek Balai Kerapatan Tinggi Siak bernama Tengku Sulung Putra (Sayid Abdurrahman) gelar Sida-Sida Indra. Pembangunannya dilakukan secara bergotong royong oleh penduduk yang mendalami Wilayah Datuk Empat Suku, yaitu, Datuk Suku Tanah Datar, Datuk Suku Pesisir, Datuk Suku Limapuluh, dan Datuk Suku Kampar.Balai Kerapatan Tinggi Siak dibangun dan difungsikan sebagai tempat penobatan raja, tempat musyawarah pembesar kerajaan, dan pengadilan. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan Pemerintah Kabupaten Siak dan dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak. Jenis koleksi yang dipamerkan di museum adalah etnografika, historika, dan arkeologika. Sedangkan koleksi unggulan museum ini adalah Ruang Persidangan.(Sumber :

Museum Budaya dan Sejarah Siak Balai Rung Sri merupakan museum umum yang menggunakan Bangunan Cagar Budaya Balai Kerapatan Tinggi Siak. Balai ini dibangun tahun 1886 pada masa pemerintah Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin, Sultan Siak ke-11. Arsitek Balai Kerapatan Tinggi Siak bernama Tengku Sulung Putra (Sayid Abdurrahman) gelar Sida-Sida Indra.

Pembangunannya dilakukan secara bergotong royong oleh penduduk yang mendalami Wilayah Datuk Empat Suku, yaitu, Datuk Suku Tanah Datar, Datuk Suku Pesisir, Datuk Suku Limapuluh, dan Datuk Suku Kampar.

Balai Kerapatan Tinggi Siak dibangun dan difungsikan sebagai tempat penobatan raja, tempat musyawarah pembesar kerajaan, dan pengadilan. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan Pemerintah Kabupaten Siak dan dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak.

Jenis koleksi yang dipamerkan di museum adalah etnografika, historika, dan arkeologika. Sedangkan koleksi unggulan museum ini adalah Ruang Persidangan.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Budaya dan Sejarah Siak Balai Rung Sri
Jl. Sultan Ismail, Kel. Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau
Riau

Website : -

Phone : 082173333376

Email : clan.budaya14@gmail.com

Jam Buka
  • Senin - Minggu
    08.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan