Museum Bumiputera 1912


Museum Bumiputera 1912 merupakan museum khusus yang menyimpan sejarah perjuangan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Museum ini dibangun dengan gaya dan bentuk bangunan khas Jawa Tengah, Joglo beratap lapis tiga, berisi berbagai dokumen lama sejak periode 1912, foto-foto legendaris serta peralatan kantor sederhana yang digunakan pada masa lalu. Museum yang diresmikan Walikota Magelang, Drs. A. Bagus Panuntun, pada hari Senin, 20 Mei 1985, bertepatan peringatan hari Kebangkitan Nasional, dimaksudkan untuk melestarikan gagasan, cita-cita luhur dan karya pendiri.Di depan gedung museum berdiri tegak tiga tokoh pendiri yang berwujud tiga buah patung dari Mas Ngabehi Dwidjosewojo, Mas Karto Hadi Soebroto dan Mas Adimidjojo. Museum AJB Bumiputera 1912 ini, menjadi salah satu museum asuransi di Indonesia. Dengan melihat koleksi museum yang ada, kita bisa melihat kilasan sejarah bagaimana Bumiputera hadir dan berkembang menjadi usaha perasuransian pertama dan terbesar di Indonesia. Mus

Museum Bumiputera 1912 merupakan museum khusus yang menyimpan sejarah perjuangan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912. Museum ini dibangun dengan gaya dan bentuk bangunan khas Jawa Tengah, Joglo beratap lapis tiga, berisi berbagai dokumen lama sejak periode 1912, foto-foto legendaris serta peralatan kantor sederhana yang digunakan pada masa lalu. Museum yang diresmikan Walikota Magelang, Drs. A. Bagus Panuntun, pada hari Senin, 20 Mei 1985, bertepatan peringatan hari Kebangkitan Nasional, dimaksudkan untuk melestarikan gagasan, cita-cita luhur dan karya pendiri.

Di depan gedung museum berdiri tegak tiga tokoh pendiri yang berwujud tiga buah patung dari Mas Ngabehi Dwidjosewojo, Mas Karto Hadi Soebroto dan Mas Adimidjojo. Museum AJB Bumiputera 1912 ini, menjadi salah satu museum asuransi di Indonesia. Dengan melihat koleksi museum yang ada, kita bisa melihat kilasan sejarah bagaimana Bumiputera hadir dan berkembang menjadi usaha perasuransian pertama dan terbesar di Indonesia. Museum ini berada di bawah kepemilikan AJB Bumiputera 1912 dan dikelola oleh Drs. Tetrias Pujianta. Koleksi yang dipamerkan berupa dokumen-dokumen, mata uang, dan alat tulis tangan. Salah satu koleksi unggulan museum ini adalah dokumen laporan tahunan periode 1915-1940-an. 

Museum Bumiputera 1912
Jl. Jenderal A.Yani No. 21, Magelang
Jawa Tengah

Website : www.bumiputera.com

Phone : (0293) 362610

Email : museumbumiputera@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    08.00-16.30
  • Sabtu dan Minggu (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan