Museum Cual Ishadi


Museum Cual Ishadi merupakan museum khusus yang kemunculannya berawal dari ketuk palu Provinsi Bangka Belitung di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, pada 21 November 2000. Abdul Hadi Muchtar (alm) mengutarakan keinginannya untuk menjadikan Cual sebagai kain identitas & jati diri daerah. Berawal dari ide tersebut kemudian dengan peninggalan beberapa lembar kain cual kuno dari kakek beliau Demang Abdur Rachman Rejab (alm), kain cual tersebut digunakan motifnya untuk seragam pegawai negeri sipil Pemerintah Kota Pangkalpinang, Bangka.Sejak saat itu terbersit ide dan gagasan untuk menjadi penggerak pelestarian kekayaan budaya Provinsi Bangka Belitung melalui pembangungan Museum Cual Ishadi, yang baru terwujud peletakan batu pertamanya pada 26 Oktober 2015 dan kemudian diresmikan pada 15 Agustus 2017 oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M. Kepemilikan dan pengelolaan Museum Cual Ishadi saat ini dipegang oleh Yayasan Ishadi Cual.(Sumber : Kat

Museum Cual Ishadi merupakan museum khusus yang kemunculannya berawal dari ketuk palu Provinsi Bangka Belitung di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, pada 21 November 2000. Abdul Hadi Muchtar (alm) mengutarakan keinginannya untuk menjadikan Cual sebagai kain identitas & jati diri daerah. Berawal dari ide tersebut kemudian dengan peninggalan beberapa lembar kain cual kuno dari kakek beliau Demang Abdur Rachman Rejab (alm), kain cual tersebut digunakan motifnya untuk seragam pegawai negeri sipil Pemerintah Kota Pangkalpinang, Bangka.

Sejak saat itu terbersit ide dan gagasan untuk menjadi penggerak pelestarian kekayaan budaya Provinsi Bangka Belitung melalui pembangungan Museum Cual Ishadi, yang baru terwujud peletakan batu pertamanya pada 26 Oktober 2015 dan kemudian diresmikan pada 15 Agustus 2017 oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M. Kepemilikan dan pengelolaan Museum Cual Ishadi saat ini dipegang oleh Yayasan Ishadi Cual.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)

Koleksi


https://iheritage.id/img/BE/content/museum/20200402521.18.01 PM.png
ISHADI Kain Cual
Topik : Kain Tradisional
Lokasi : Kepulauan Bangka Belitung
Media : video
Museum Cual Ishadi
Jl. A. Yani No.44, Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang
Kepulauan Bangka Belitung

Website : -

Phone : 0717-431206

Email : ishadikaincual@icloud.com

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    08.00 - 16.00
  • Senin dan Hari Besar Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan