Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri”


Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri” merupakan museum khusus yang diresmikan pada 9 Maret 2002, tetapi baru difungsikan pada 17 Maret 2003 bersamaan dengan Hari Jadi Kota Gresik oleh Bupati Gresik, Drs. K.H. Robbach Ma’sum, MM. Kepemilikan museum dipegang oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik dan pengelolaan berada di bawah Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri”. Lokasi museum berada di sudut pelataran parkir kawasan wisata religi Maulana Malik Ibrahim. Museum ini diharapkan dapat menjadi pusat informasi mengenai kesejarahan Kabupaten Gresik karena banyak tinggalan arkeologis di Kabupaten Gresik dan belum ada tempat yang dapat menampungnya. Jenis koleksi yang ditampilkan terdiri dari fragmen sajadah, kaligrafi, naskah kuno, surban Sunan Giri, bedug, rebana, keris, tombak, dan lainnya. Salah satu koleksi andalan Museum Sunan Giri adalah bedug peninggalan Maulana Malik Ibrahim yang berasal dari masa akhir abad

Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri” merupakan museum khusus yang diresmikan pada 9 Maret 2002, tetapi baru difungsikan pada 17 Maret 2003 bersamaan dengan Hari Jadi Kota Gresik oleh Bupati Gresik, Drs. K.H. Robbach Ma’sum, MM. Kepemilikan museum dipegang oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik dan pengelolaan berada di bawah Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri”. Lokasi museum berada di sudut pelataran parkir kawasan wisata religi Maulana Malik Ibrahim. 

Museum ini diharapkan dapat menjadi pusat informasi mengenai kesejarahan Kabupaten Gresik karena banyak tinggalan arkeologis di Kabupaten Gresik dan belum ada tempat yang dapat menampungnya. Jenis koleksi yang ditampilkan terdiri dari fragmen sajadah, kaligrafi, naskah kuno, surban Sunan Giri, bedug, rebana, keris, tombak, dan lainnya. Salah satu koleksi andalan Museum Sunan Giri adalah bedug peninggalan Maulana Malik Ibrahim yang berasal dari masa akhir abad ke-14. Bedug ini terbuat dari sepotong kayu besar dan kulit lembu. Bedug ini diperoleh dari Masjid Pesucian Desa Leran Kecamatan Manyar. 

Museum Daerah Kabupaten Gresik “Sunan Giri”
Jl. Pahlawan No.24, Tlogobendung, Bedilan, Kec. Gresik, Kab. Gresik, Jawa Timur
Jawa Timur

Phone : (031) 3981990

Email : ilingbeku87@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-15.00
  • Sabtu (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan