Museum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur


Perintisan pendirian Museum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dimulai pada Tahun 1977/1978, dibiayai oleh Proyek Pelita - Bidang Kebudayaan. Secara teknis, proyek perintisan pendirian Museum ditangani oleh Bidang Permuseuman Sejarah dan Kepurbakalaan – Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur.Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 01/1991 tanggal 9 Januari 1991 yang menyatakan secara resmi pendirian Museum Provinsi Nusa Tenggaraa Timur dengan status Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Negeri Provinsi Nusa Tenggara Timur di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pada tahun 2000, sebagai bentuk pelaksanaan UU Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintah Daerah, status UPT Museum Negeri Provinsi NTT menjadi UPT Museum Daerah Provinsi NTT yang pengelolaannya berada di bawah tanggung jawab Kantor Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Daerah Provinsi NTT.Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Perintisan pendirian Museum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dimulai pada Tahun 1977/1978, dibiayai oleh Proyek Pelita - Bidang Kebudayaan. Secara teknis, proyek perintisan pendirian Museum ditangani oleh Bidang Permuseuman Sejarah dan Kepurbakalaan – Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 01/1991 tanggal 9 Januari 1991 yang menyatakan secara resmi pendirian Museum Provinsi Nusa Tenggaraa Timur dengan status Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Negeri Provinsi Nusa Tenggara Timur di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pada tahun 2000, sebagai bentuk pelaksanaan UU Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintah Daerah, status UPT Museum Negeri Provinsi NTT menjadi UPT Museum Daerah Provinsi NTT yang pengelolaannya berada di bawah tanggung jawab Kantor Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Daerah Provinsi NTT.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum NTT dialihkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTT. Pada tahun 2014, urusan kebudayaan digabungkan dengan pendidikan, sehingga Museum NTT menjadi UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.Pada 1 Januari 2017, UPTD Museum NTT berganti nomenklatur menjadi Bidang Kepurbakalaan dan Permuseuman pada Dinas Kebudayaan Provinsi NTT.

Jenis koleksi museum terdiri dari geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika/heraldika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknologika. Koleksi unggulannya adalah tenunan Nusa Tenggara Timur dan koleksi Kapak Tipe Soejono VII.

Museum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur
Jl. Frans Seda Nomor 64 Walikota - Kupang
Nusa Tenggara Timur

Website : -

Phone : (0380) 832471

Email : disbutntt@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    08.00-16.30
  • Sabtu, Minggu dan hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan