Museum Deli Serdang


Museum Deli Serdang merupakan museum khusus yang dibangun pada tahun 2001 dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Peresmian dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2003. Pada tahun 2016 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang mendapat bantuan dana Tugas Pembantuan dalam rangka pembangunan Museum Deli Serdang di Kawasan Pusat Olahraga Seni dan Budaya Lubuk Pakam.Pada tanggal 8 September 2018 Museum Deli Serdang telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sejak diresmikan museum ini mempunyai status sebagai Unit Pelaksana Teknis Seni dan Taman Budaya. Koleksi Museum Deli Serdang terdiri dari pakaian adat Melayu, Karo, dan Simalungun, alat musik dan mata uang asing. Museum menempati sebuah gedung dengan konsep "Itik Pulang Petang" yang diambil dari filosofi masyarakat Melayu. Ornamen "Itik Pulang Petang" bermakna kepatuhan dan perlambang kebaikan, dimana unsur-unsur teratur, rapi dan harmonis tercermin dari bentuknya.B

Museum Deli Serdang merupakan museum khusus yang dibangun pada tahun 2001 dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Peresmian dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2003. Pada tahun 2016 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang mendapat bantuan dana Tugas Pembantuan dalam rangka pembangunan Museum Deli Serdang di Kawasan Pusat Olahraga Seni dan Budaya Lubuk Pakam.

Pada tanggal 8 September 2018 Museum Deli Serdang telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sejak diresmikan museum ini mempunyai status sebagai Unit Pelaksana Teknis Seni dan Taman Budaya.

Koleksi Museum Deli Serdang terdiri dari pakaian adat Melayu, Karo, dan Simalungun, alat musik dan mata uang asing.

Museum menempati sebuah gedung dengan konsep "Itik Pulang Petang" yang diambil dari filosofi masyarakat Melayu. Ornamen "Itik Pulang Petang" bermakna kepatuhan dan perlambang kebaikan, dimana unsur-unsur teratur, rapi dan harmonis tercermin dari bentuknya.

Bangunan memiliki 3 lantai:

Lantai 1:
Pengunjung akan disuguhkan dengan informasi seputar zaman pra-sejarah, mulai dari sejarah Deli Serdang, sejarah Kesultanan Melayu Deli dan Serdang. Museum ini juga menyuguhkan cerita perjuangan dan perang yang pernah terjadi di Deli Serdang. Di lantai satu menuju lantai dua anda akan menemukan cerita tentang putri hijau.

Lantai 2:
Pengunjung dapat melihat koleksi Kesultanan Serdang, berupa pakaian, alat musik, perlengkapan rumah tangga sampai dengan prasasti di masa itu.

Lantai 3:
Menampilkan koleksi pasca kemeredekaan.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Deli Serdang
Lubuk Pakam, Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Deli Serdang, Deli Serdang
Sumatera Utara

Website : -

Phone : 0617951994

Email : museumdaerah.deliserdang@gmail.com

Jam Buka
  • Senin - Jumat
    10-00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan