Museum Dewantara Kirti Griya


Museum Dewantara Kirti Griya merupakan museum khusus yang didirikan atas gagasan dari Ki Hadjar Dewantara pada tahun 1958 yang mengharapkan agar rumah tinggalnya dijadikan museum. Pada 1963 dibentuklah panitia pendiri Museum Tamansiswa, namun mengalami beberapa kendala hingga akhirnya pada 2 Mei 1970 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, museum resmi dibuka untuk umum dengan nama Dewantara Kirti Griya pemberian dari Bapak Hadiwidjono seorang ahli Bahasa Jawa yang berarti “Rumah yang berisi hasil kerja Ki Hadjar Dewantara”. Peresmian museum ditandai dengan candrasengkala “Miyat Ngaluhur Trusing Budi” yang menunjukan angka tahun 1902 Saka atau 2 Mei 1970 Masehi. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Persatuan Perguruan Tamansiswa.Museum Dewantara Kirti Griya berlokasi di Perguruan Tamansiswa yang menempati bekas rumah Ki Hadjar Dewantara dan keluarga. Rumah tersebut resmi dihuni Ki Hadjar Dewantara pada tanggal 16 November 1938 bertepatan dengan diresmi

Museum Dewantara Kirti Griya merupakan museum khusus yang didirikan atas gagasan dari Ki Hadjar Dewantara pada tahun 1958 yang mengharapkan agar rumah tinggalnya dijadikan museum. Pada 1963 dibentuklah panitia pendiri Museum Tamansiswa, namun mengalami beberapa kendala hingga akhirnya pada 2 Mei 1970 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, museum resmi dibuka untuk umum dengan nama Dewantara Kirti Griya pemberian dari Bapak Hadiwidjono seorang ahli Bahasa Jawa yang berarti “Rumah yang berisi hasil kerja Ki Hadjar Dewantara”. Peresmian museum ditandai dengan candrasengkala “Miyat Ngaluhur Trusing Budi” yang menunjukan angka tahun 1902 Saka atau 2 Mei 1970 Masehi. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Persatuan Perguruan Tamansiswa.

Museum Dewantara Kirti Griya berlokasi di Perguruan Tamansiswa yang menempati bekas rumah Ki Hadjar Dewantara dan keluarga. Rumah tersebut resmi dihuni Ki Hadjar Dewantara pada tanggal 16 November 1938 bertepatan dengan diresmikannya Pendapa Agung Tamansiswa (Monumem Persatuan Tamansiswa). Bangunan tersebut didirikan pada tahun 1925 dengan gaya klasik kolonial. Keberadaan bangunan tercatat dalam buku register Keraton Ngayogyakarta tertanggal 26 Mei 1926 dengan nomor 1383/1.H. 

Museum Dewantara Kirti Griya
Jl. Tamansiswa No. 31, Mergangsan, Wirogunan, Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Website : -

Phone : (0274) 389208

Email : perpustkirtigriya@gmail.com

Jam Buka
  • Selasa-Sabtu
    08.00-13.00
  • Minggu dan hari besar (kecuali permintaan khusus) (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan