Museum DPR RI


Museum DPR RI merupakan museum khusus yang pendiriannya dimulai pada keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat Repubik Indonesia (DPR RI) Periode Tahun 1987-1992. Pembentukan Museum DPR RI dimulai dengan membentuk Yayasan Museum DPR RI yang diketuai oleh Dr. HJ. Naro, S.H. dan sebagai awal yang dilakukan oleh yayasan adalah membuat perencanaan gedung Museum DPR RI melalui pembentukan Tim Museum DPR RI dengan tugas mengumpulkan koleksi baik yang berupa naskah, foto, maupun benda yang terkait dengan sejarah DPR RI sejak zaman penjajahan Belanda (Volksraad) sampai sekarang. Semula Museum DPR RI berada di Ruang Pustakaloka Gedung Nusantara IV, dan sekarang berada di Gedung Nusantara Lantai 2. Prasasti peresmian Museum DPR RI ditandatangani oleh Ketua DPR RI, M. Kharis Suhud pada tangal 16 Agustus 1991. Museum dikelola oleh Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Koleksi yang dipamerkan di dalam museum berupa, lukisan, foto, dan naskah. Museum juga memiliki koleksi unggulan berupa lukisan

Museum DPR RI merupakan museum khusus yang pendiriannya dimulai pada keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat Repubik Indonesia (DPR RI) Periode Tahun 1987-1992. Pembentukan Museum DPR RI dimulai dengan membentuk Yayasan Museum DPR RI yang diketuai oleh Dr. HJ. Naro, S.H. dan sebagai awal yang dilakukan oleh yayasan adalah membuat perencanaan gedung Museum DPR RI melalui pembentukan Tim Museum DPR RI dengan tugas mengumpulkan koleksi baik yang berupa naskah, foto, maupun benda yang terkait dengan sejarah DPR RI sejak zaman penjajahan Belanda (Volksraad) sampai sekarang.

Semula Museum DPR RI berada di Ruang Pustakaloka Gedung Nusantara IV, dan sekarang berada di Gedung Nusantara Lantai 2. Prasasti peresmian Museum DPR RI ditandatangani oleh Ketua DPR RI, M. Kharis Suhud pada tangal 16 Agustus 1991. Museum dikelola oleh Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI. Koleksi yang dipamerkan di dalam museum berupa, lukisan, foto, dan naskah. Museum juga memiliki koleksi unggulan berupa lukisan karya R. Soedjono dan lukisan karya Soejoedi Wirjoatmodjo. 

Museum DPR RI
Gedung Nusantara Lantai 2 Komp. MPR, DPR, DPD RI Jl. Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat
D.K.I. Jakarta

Website : -

Phone : (021) 5756074

Email : bid_arsip@dpr.go.id

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    08.00-15.30
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan