Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia


Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia (MFIK & TR) merupakan museum khusus yang dibangun pada tahun 1975 dan diresmikan pada 20 April 1978. MFIK & TR ini merupakan museum pertama di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pembangunan museum ini bertujuan untuk mengenalkan satwa asli Indonesia dalam bentuk sudah diawetkan. Konsep edukasi di museum ini mengarahkan pada pengembangan makna dan nilai-nilai yang terkandung di dalam setiap koleksi. Edukasi ditujukan mengenalkan spesimen satwa peraganya yang memiliki nilai ilmiah yang sangat penting untuk diketahui masyarakat. Pada 19 Oktober 1999 untuk memenuhi kebutuhan pengunjung museum, dibangun Taman Reptilia yang mengelilingi bangunan museum. Taman ini menyajikan beragam jenis spesies satwa reptilia dan amfibia hidup lengkap dengan fasilitas kandang tertutup dan terbuka. Pada tahun 2010, museum dijadikan sebagai Lembaga Konservasi eks situ dalam bentuk taman satwa oleh Menteri Kehutanan. Sejak saat itu tugas da

Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia (MFIK & TR) merupakan museum khusus yang dibangun pada tahun 1975 dan diresmikan pada 20 April 1978. MFIK & TR ini merupakan museum pertama di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pembangunan museum ini bertujuan untuk mengenalkan satwa asli Indonesia dalam bentuk sudah diawetkan. Konsep edukasi di museum ini mengarahkan pada pengembangan makna dan nilai-nilai yang terkandung di dalam setiap koleksi. Edukasi ditujukan mengenalkan spesimen satwa peraganya yang memiliki nilai ilmiah yang sangat penting untuk diketahui masyarakat.

Pada 19 Oktober 1999 untuk memenuhi kebutuhan pengunjung museum, dibangun Taman Reptilia yang mengelilingi bangunan museum. Taman ini menyajikan beragam jenis spesies satwa reptilia dan amfibia hidup lengkap dengan fasilitas kandang tertutup dan terbuka. Pada tahun 2010, museum dijadikan sebagai Lembaga Konservasi eks situ dalam bentuk taman satwa oleh Menteri Kehutanan. Sejak saat itu tugas dan fungsi museum menjadi berkembang untuk melaksanakan implementasi dalam kegiatan konservasi, yaitu sebagai sarana pengembangbiakan dan atau penyelamatan satwa asli indonesia, dengan tetap menjaga kemurnian jenis, guna menjamin kelestarian, keberadaan, dan kedayagunaannya. Pada tahun 2015 sampai awal tahun 2016, MFIK & TR mengalami revolusi, baik bangunan maupun cakupan satwanya menjadi fokus pada satwa reptilia dan amfibia, awetan, dan hidup. Museum berada di bawah kepemilikan Sekretariat Negara Republik Indonesia dan dikelola oleh Yayasan Harapan Kita. 

Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia
Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur
D.K.I. Jakarta

Website : www.tamanmini.com

Phone : (021) 8403400

Email : taman.reptilia@tamanmini.com

Jam Buka
  • Setiap Hari
    08.30-17.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 25,000
Anak-anak : Rp. 25,000
Wisatawan Asing : Rp. 25,000
Pesan Kunjungan