Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi


Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi merupakan museum khusus yang berdiri atas prakarsa Prof. Sarwidi atas dasar keprihatinan terhadap kurang kesadaran masyarakat Indonesia untuk membangun bangunan rumah tahan gempa. Gagasan museum ini muncul di Universitas Islam Indonesia dengan difasilitasi Center For Earthquake Engineering and Dynamic Effect and Disaster Studies UII. Kemudian dilanjutkan dengan penanda-tanganan komitmen pendirian museum pada tanggal 21 Juli 2007. Pada awalnya museum menempati ruangan 3x4 m di Universitas Islam Indonesia, kemudian beberapa kali pindah tempat dan berakhir di kampung halaman Sarwidi yaitu Kaliurang.Museum ini memiliki konsep Dynamics Museum and Gallery berupa wisata edukasi dengan bangunan ukuran 6x10 m dan tahan gempa atau dengan nama lain “Barratagana”. Museum menampilkan konsep yang menarik untuk anak-anak, contohnya membuat film animasi mengenai gempa yang ditunjukkan untuk anak-anak. Selain itu, museum ini menampilkan kejadian-kejadian gempa bumi di

Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi merupakan museum khusus yang berdiri atas prakarsa Prof. Sarwidi atas dasar keprihatinan terhadap kurang kesadaran masyarakat Indonesia untuk membangun bangunan rumah tahan gempa. Gagasan museum ini muncul di Universitas Islam Indonesia dengan difasilitasi Center For Earthquake Engineering and Dynamic Effect and Disaster Studies UII. Kemudian dilanjutkan dengan penanda-tanganan komitmen pendirian museum pada tanggal 21 Juli 2007. Pada awalnya museum menempati ruangan 3x4 m di Universitas Islam Indonesia, kemudian beberapa kali pindah tempat dan berakhir di kampung halaman Sarwidi yaitu Kaliurang.

Museum ini memiliki konsep Dynamics Museum and Gallery berupa wisata edukasi dengan bangunan ukuran 6x10 m dan tahan gempa atau dengan nama lain “Barratagana”. Museum menampilkan konsep yang menarik untuk anak-anak, contohnya membuat film animasi mengenai gempa yang ditunjukkan untuk anak-anak. Selain itu, museum ini menampilkan kejadian-kejadian gempa bumi di Indonesia, dan pengunjung bisa mengikuti simulasi untuk merasakan gempa tersebut. Museum ini diharapkan dapat memberikan ilmu tambahan mengenai kegempaan dan resiko bencana kepada pengunjung, serta kesadaran untuk membangun rumah tahan gempa. Koleksi unggulan yang dipamerkan di dalam museum berupa, Barrataga (Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa).

Museum Gempa Prof. Dr. Sarwidi
Jl. Malangyudo No. 25, Kaliurang, Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Phone : 08122940177

Email : info@museumgempasarwidi.org

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    09.00 – 16.00
  • Senin dan hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan