Museum Geologi


Museum Geologi Bandung merupakan museum khusus yang kemunculannya sangat berkaitan erat dengan sejarah penyelidikan geologi di Indonesia yang dimulai sejak 1850- an. Bangunan museum pada awalnya disebut sebagai Geologisch Laboratorium dan digunakan oleh Dienst van het Mijnwezen atau lembaga penyelidikan geologi milik Belanda yang diresmikan pada 16 Mei 1929. Bangunannya bergaya art deco dan dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Menalda van Schouwenburg.Pada masa pendudukan Jepang, lembaga tersebut diubah menjadi Tisitutyosazyo yang merupakan bagian dari Laboratorium Paleontologi dan Kimia. Setelah Indonesia merdeka, pengelolaan Museum Geologi berada di bawah Pusat Djawatan Tambang dan Geologi. Museum Geologi kemudian menjadi Unit Pelaksana Teknis Museum Geologi di bawah Badan Geologi, Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Nomor 12 Tahun 2013. Museum Geologi diresmikan dan dibuka untuk umum pada 23 Agustus 2000 oleh

Museum Geologi Bandung merupakan museum khusus yang kemunculannya sangat berkaitan erat dengan sejarah penyelidikan geologi di Indonesia yang dimulai sejak 1850- an. Bangunan museum pada awalnya disebut sebagai Geologisch Laboratorium dan digunakan oleh Dienst van het Mijnwezen atau lembaga penyelidikan geologi milik Belanda yang diresmikan pada 16 Mei 1929. Bangunannya bergaya art deco dan dirancang oleh seorang arsitek Belanda bernama Menalda van Schouwenburg.

Pada masa pendudukan Jepang, lembaga tersebut diubah menjadi Tisitutyosazyo yang merupakan bagian dari Laboratorium Paleontologi dan Kimia. Setelah Indonesia merdeka, pengelolaan Museum Geologi berada di bawah Pusat Djawatan Tambang dan Geologi. Museum Geologi kemudian menjadi Unit Pelaksana Teknis Museum Geologi di bawah Badan Geologi, Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Nomor 12 Tahun 2013. Museum Geologi diresmikan dan dibuka untuk umum pada 23 Agustus 2000 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri setelah mengalami renovasi pada beberapa bagiannya.

Museum Geologi
Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat
Jawa Barat

Phone : 022 7203822

Email : museum-geologi@grdc.esdm.go.id

Jam Berkunjung ke Lokasi
  • Senin - Minggu
    08.00 - 16.00
  • Jumat dan Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 3,000
Anak-anak : Rp. 2,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan