Museum Geoteknologi Mineral


Museum Geoteknologi Mineral merupakan museum khusus yang pembangunannya diprakarsai oleh Prof. Drs. H. R Bambang Soeroto, sebagai rektor pertama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Pada waktu itu, beliau mengajak beberapa dosen dan ahli mengenai sumber daya alam atas nama pendidikan, antara lain: Prof. Dr. S. Sartono, Dr. M. Oentung, Dr. Ir. C. Danisworo, MSc; Ir. Helmi Murwanto, dan Ir. F Suhartono mulai mengumpulkan koleksi batuan dan fosil. Selanjutnya, Museum Geoteknologi Mineral diberi wewenang oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia, Jenderal Poniman pada tanggal 27 Februari 1988 berupa penandatanganan prasasti yang diletakkan di depan Museum Geoteknologi Mineral, di Kampus II Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Museum ini menyajikan koleksi berbagai jenis mineral batuan, bahan tambang, maket, dan gambar ilmu kebumian yang dike

Museum Geoteknologi Mineral merupakan museum khusus yang pembangunannya diprakarsai oleh Prof. Drs. H. R Bambang Soeroto, sebagai rektor pertama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Pada waktu itu, beliau mengajak beberapa dosen dan ahli mengenai sumber daya alam atas nama pendidikan, antara lain: Prof. Dr. S. Sartono, Dr. M. Oentung, Dr. Ir. C. Danisworo, MSc; Ir. Helmi Murwanto, dan Ir. F Suhartono mulai mengumpulkan koleksi batuan dan fosil. Selanjutnya, Museum Geoteknologi Mineral diberi wewenang oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia, Jenderal Poniman pada tanggal 27 Februari 1988 berupa penandatanganan prasasti yang diletakkan di depan Museum Geoteknologi Mineral, di Kampus II Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Museum ini menyajikan koleksi berbagai jenis mineral batuan, bahan tambang, maket, dan gambar ilmu kebumian yang dikelompokkan bidang geologi, bidang pertambangan, bidang perminyakan, bidang pertambangan, bidang perminyakan, bidang pertanian.

Museum Geoteknologi Mineral
Jl. Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Phone : (0274) 486991

Email : museum.geoteknologi@upnyk.ac.id

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    08.00-15.00
  • Sabtu, Minggu, dan hari besar (kecuali konfirmasi) (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan