Museum Gumuk Pasir


Museum Gumuk Pasir merupakan museum khusus yang berperan sebagai Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis dan menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan ekosistem pesisir pantai, seperti berbagai jenis batuan, pasir, herbarium, serta tersedia ruang audio visual yang nyaman untuk mengenal dan memahami gumuk pasir. Gumuk pasir adalah gundukan bukit dari pasir yang terhembus angin. Tidak semua daerah tropis memiliki gumuk pasir seperti yang ada di Pantai Parangkusumo, Parangtritis Yogyakarta ini. Hanya ada dua negara dengan iklim tropis yang memilikinya yakni Indonesia dan Meksiko.Di museum ini, terdapat informasi mengenai proses terbentuknya gumuk pasir pantai selatan. Selain itu terdapat alat-alat pemetaan, sampel pasir dan batu dari beberapa daerah di Indonesia. Museum Gumuk Pasir diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak bersama dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Badan Informasi Geospasial BIG, Bupati Ban

Museum Gumuk Pasir merupakan museum khusus yang berperan sebagai Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis dan menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan ekosistem pesisir pantai, seperti berbagai jenis batuan, pasir, herbarium, serta tersedia ruang audio visual yang nyaman untuk mengenal dan memahami gumuk pasir. Gumuk pasir adalah gundukan bukit dari pasir yang terhembus angin. Tidak semua daerah tropis memiliki gumuk pasir seperti yang ada di Pantai Parangkusumo, Parangtritis Yogyakarta ini. Hanya ada dua negara dengan iklim tropis yang memilikinya yakni Indonesia dan Meksiko.

Di museum ini, terdapat informasi mengenai proses terbentuknya gumuk pasir pantai selatan. Selain itu terdapat alat-alat pemetaan, sampel pasir dan batu dari beberapa daerah di Indonesia. Museum Gumuk Pasir diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak bersama dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Badan Informasi Geospasial BIG, Bupati Bantul, dan Rektor Universitas Gadjah Mada pada 11 September 2015. Museum ini difasilitasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dikelola bersama antara BIG, Universitas Gadjah Mada, dan Pemerintah Kabupaten Bantul. 

Museum Gumuk Pasir
Depok, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Website : pgsp.big.go.id

Phone : (0274) 2812002

Email : pgsp@big.go.id

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    08.00-16.00
  • Sabtu, Minggu dan hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan