Museum House of Sampoerna


Museum House of Sampoerna merupakan museum khusus yang dibuka pada 9 Oktober 2003 sebagai bentuk peringatan ulang tahun ke-90 Sampoerna. Museum ini berada di wilayah yang dikenal sebagai Pabrik Taman Sampoerna. Pada awalnya tempat pendirian museum merupakan area pabrik rokok kretek milik PT HM Sampoerna Tbk yang direstorasi pada Oktober 2002. Di dalam area ini selain terdapat museum, terdapat art gallery, café, dan kios yang dibuka secara resmi oleh Katie Sampoerna, yang merupakan pemrakarsa proyek restorasi sekaligus pelindung House of Sampoerna. Selain itu, area tersebut juga masih digunakan sebagai pabrik dan tempat tinggal keluarga Sampoerna.Bangunan museum awalnya bernama Jonges Weezen Inrichting atau Panti Asuhan Yatim Piatu milik Belanda dan dibangun tahun 1893. Kemudian pada 1932, bangunan tersebut dibeli oleh Liem Seeng Tee dan diubah menjadi pabrik rokok. Bangunan museum berbentuk menyerupai benteng dan berwarna abu-abu. Koleksi yang ditampilkan di museum ini adalah rokok ya

Museum House of Sampoerna merupakan museum khusus yang dibuka pada 9 Oktober 2003 sebagai bentuk peringatan ulang tahun ke-90 Sampoerna. Museum ini berada di wilayah yang dikenal sebagai Pabrik Taman Sampoerna. Pada awalnya tempat pendirian museum merupakan area pabrik rokok kretek milik PT HM Sampoerna Tbk yang direstorasi pada Oktober 2002. Di dalam area ini selain terdapat museum, terdapat art gallery, café, dan kios yang dibuka secara resmi oleh Katie Sampoerna, yang merupakan pemrakarsa proyek restorasi sekaligus pelindung House of Sampoerna. Selain itu, area tersebut juga masih digunakan sebagai pabrik dan tempat tinggal keluarga Sampoerna.

Bangunan museum awalnya bernama Jonges Weezen Inrichting atau Panti Asuhan Yatim Piatu milik Belanda dan dibangun tahun 1893. Kemudian pada 1932, bangunan tersebut dibeli oleh Liem Seeng Tee dan diubah menjadi pabrik rokok. Bangunan museum berbentuk menyerupai benteng dan berwarna abu-abu. Koleksi yang ditampilkan di museum ini adalah rokok yang diproduksi oleh PT HM Sampoerna Tbk, rempah-rempah, dan koleksi pribadi dari pendiri Sampoerna. Kepemilikan dan pengelolaan museum dipegang oleh PT HM Sampoerna Tbk. 

Museum House of Sampoerna
Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur
Jawa Timur

Phone : (031) 3539000

Email : hos.surabaya@sampoerna.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    09.00-19.00
  • Idul Fitri (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan