Museum Istana (Siak) Asserayah El Hasyimiah


Museum Istana (Siak) Asserayah El Hasyimiah merupakan museum khusus yang menempati bangunan peninggalan Kerajaan Melayu terbesar di Riau yaitu Kerajaan Siak Sri Indrapura. Museum yang berupa Kompleks Istana Kerajaan Siak ini dibangun oleh Sultan Siak ke-11, Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889 dan dinamakan Istana Asserayyah Hasyimiah atau biasa dikenal juga sebagai Istana Matahari Timur. Sultan Siak ke-11 tersebut mempekerjakan arsitek Jerman untuk membangun istana dengan mengadopsi gaya arsitektur Eropa, India, dan Arab yang dipadu dengan arsitektur Melayu tradisional. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Dinas Pariwisata Kabupaten Siak.Jenis koleksi museum terdiri dari heraldika, teknologika, keramologika, seni rupa, dan lainnya. Koleksi heraldika ini antara lain berbagai tanda mata yang diberikan oleh tamu- tamu dari kerajaan lain semasa pemerintahan Sultan Siak ke-11 dan ke-12 dan foto keluarga kerajaan. Selain itu senjata da

Museum Istana (Siak) Asserayah El Hasyimiah merupakan museum khusus yang menempati bangunan peninggalan Kerajaan Melayu terbesar di Riau yaitu Kerajaan Siak Sri Indrapura. Museum yang berupa Kompleks Istana Kerajaan Siak ini dibangun oleh Sultan Siak ke-11, Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889 dan dinamakan Istana Asserayyah Hasyimiah atau biasa dikenal juga sebagai Istana Matahari Timur.

Sultan Siak ke-11 tersebut mempekerjakan arsitek Jerman untuk membangun istana dengan mengadopsi gaya arsitektur Eropa, India, dan Arab yang dipadu dengan arsitektur Melayu tradisional. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Dinas Pariwisata Kabupaten Siak.

Jenis koleksi museum terdiri dari heraldika, teknologika, keramologika, seni rupa, dan lainnya. Koleksi heraldika ini antara lain berbagai tanda mata yang diberikan oleh tamu- tamu dari kerajaan lain semasa pemerintahan Sultan Siak ke-11 dan ke-12 dan foto keluarga kerajaan. Selain itu senjata dan benda-benda kerajaan berupa tombak, keris, meriam, cermin mustika, kursi, lampu kristal, keramik Cina dan Eropa, sendok bermerek lambang kerajaan, dan patung pualam bermata berlian. Sedangkan, koleksi unggulan museum ini adalah bangunan istana kerajaan.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Istana (Siak) Asserayah El Hasyimiah
Jl. Sultan Syarif Kasim, Kampung Dalam, Kabupaten Siak, Riau
Riau

Phone : 0812-7500-0189

Email : dispar@siakkab.go.id

Jam Buka
  • Senin - Minggu
    09.00 - 17.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 3,000
Anak-anak : Rp. 2,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan