Museum Istiqomah


Museum Istiqomah merupakan museum khusus yang memamerkan koleksi peninggalan Kerajaan Buding. Gedung museum pada awalnya merupakan masjid. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bangunan masjid mengalami kerusakan. Tahun 2002 didirikan kembali bangunan di atasnya dan difungsikan menjadi museum. Pengumpulan koleksi yang berasal dari keluarga Kerajaan Buding mulai dilakukan dan kemudian diletakkan di bangunan tersebut. Pada tahun 2010, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata membangun gedung pamer. Dengan adanya gedung tersebut, kemunculan Museum Buding sebagai penyedia informasi kesejarahan Kerajaan Buding dan warisan budaya kebendaan di wilayah utara Pulau Belitung semakin terlihat.Museum Istiqomah terdiri dari dua bangunan. Bangunan pertama bernama Balai Istiqomah, dibangun dengan swadaya masyarakat pada tahun 2002 yang dipelopori oleh Aris Baher Bin Taib. Bangunan ini dulunya merupakan masjid lama yang bernama Istiqomah yang dibangun pada tahun 1

Museum Istiqomah merupakan museum khusus yang memamerkan koleksi peninggalan Kerajaan Buding. Gedung museum pada awalnya merupakan masjid. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bangunan masjid mengalami kerusakan. Tahun 2002 didirikan kembali bangunan di atasnya dan difungsikan menjadi museum. Pengumpulan koleksi yang berasal dari keluarga Kerajaan Buding mulai dilakukan dan kemudian diletakkan di bangunan tersebut. Pada tahun 2010, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata membangun gedung pamer. Dengan adanya gedung tersebut, kemunculan Museum Buding sebagai penyedia informasi kesejarahan Kerajaan Buding dan warisan budaya kebendaan di wilayah utara Pulau Belitung semakin terlihat.

Museum Istiqomah terdiri dari dua bangunan. Bangunan pertama bernama Balai Istiqomah, dibangun dengan swadaya masyarakat pada tahun 2002 yang dipelopori oleh Aris Baher Bin Taib. Bangunan ini dulunya merupakan masjid lama yang bernama Istiqomah yang dibangun pada tahun 1811 di atas tanah wakaf Entjik Toessin Bin Moebin. Sedangkan yang kedua diberi nama Balai Entjik Toessin yang dibangun pada tahun 2002 oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur. Koleksi unggulan yang dipamerkan di dalam museum ini terdiri dari keminangen raje, dulang pahar, peci kulit hewan, pasu betutup, dan periok dalong.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)


Museum Istiqomah
Jl. Raya Manggar KM 43 RT 03 RW 02, Dusun Buding, Desa Buding, Kec. Kelapa Kampit, Kab. Belitung Timur
Kepulauan Bangka Belitung

Website : -

Phone : 081929730653

Email : kebudayaanbeltim@gmail.com

Jam Buka
  • Senin - Jumat
    08.00 - 15.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan