Museum Jamu Hortus Medicus


Museum Jamu Hortus Medicus merupakan museum khusus yang dikelola oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional sebagai pusat permuseuman Jamu Kementerian Kesehatan. Museum yang dirintis sejak September 2012 ini bertujuan untuk melestarikan dan membudayakan jamu sebagai kesehatan tradisional Indonesia. Museum Jamu Hortus Medicus dikelola untuk memfasilitasi aktivitas permuseuman Jamu dalam kerangka Saintifikasi Jamu. Museum ini menyediakan sarana, fasilitas dan artefak Jamu untuk pengoleksian, pelestarian, riset, komunikasi dan diseminasi benda nyata dalam kerangka Saintifikasi Jamu. Museum Jamu Hortus Medicus dikelola sebagai Pusat Permuseuman Jamu Kementerian Kesehatan, juga untuk menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan.Koleksi yang dipamerkan di museum berupa koleksi herbarium, produk jamu, alat pengobatan tradisional, naskah berkaitan dengan jam

Museum Jamu Hortus Medicus merupakan museum khusus yang dikelola oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional sebagai pusat permuseuman Jamu Kementerian Kesehatan. Museum yang dirintis sejak September 2012 ini bertujuan untuk melestarikan dan membudayakan jamu sebagai kesehatan tradisional Indonesia. Museum Jamu Hortus Medicus dikelola untuk memfasilitasi aktivitas permuseuman Jamu dalam kerangka Saintifikasi Jamu. Museum ini menyediakan sarana, fasilitas dan artefak Jamu untuk pengoleksian, pelestarian, riset, komunikasi dan diseminasi benda nyata dalam kerangka Saintifikasi Jamu. Museum Jamu Hortus Medicus dikelola sebagai Pusat Permuseuman Jamu Kementerian Kesehatan, juga untuk menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan.

Koleksi yang dipamerkan di museum berupa koleksi herbarium, produk jamu, alat pengobatan tradisional, naskah berkaitan dengan jamu, dan dokumentasi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT).

Museum Jamu Hortus Medicus
Jl. Lawu No. 11 Tawamangu, Karanganyar, Jawa Tengah
Jawa Tengah

Phone : (0271) 697010

Email : b2p2to2t@gmail.com

Jam Buka
  • Selasa-Kamis
    09.00-15.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 5,000
Wisatawan Asing : Rp. 5,000
Pesan Kunjungan