Museum Kayu Tuah Himba


Museum Kayu Tuah Himba merupakan museum khusus yang berada di area Waduk Panji Sukarame, Kutai. Museum ini dibangun pada 1990-an dan menempati rumah panggung khas Kalimantan. Nama Museum Kayu Tuah Himba diambil dari semboyan Kota Tenggarong “Tuah Himba Untung Langging” berarti menjaga kekayaan hutan dan alam, maka manfaat yang diperoleh akan lancar. Kepemilikan museum berada di bawah Pemerintah Kabupaten Kutai dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai.Museum ini didirikan sebagai langkah lanjutan terhadap penyimpanan dua buaya yang diawetkan disekitar area waduk. Buaya yang dijuluki monster dari Sangatta ini merupakan buaya muara yang sempat membuat ramai warga Kalimantan Timur pada 1996. Kedua buaya ini telah memangsa dua manusia di dua tempat berbeda. Selain menyimpan buaya yang diawetkan, di museum ini juga terdapat koleksi biologika seperti kayu yang diawetkan, numismatika, heraldika, etnografika seperti kerajinan Kutai dan Dayak, serta miniatur rumah ad

Museum Kayu Tuah Himba merupakan museum khusus yang berada di area Waduk Panji Sukarame, Kutai. Museum ini dibangun pada 1990-an dan menempati rumah panggung khas Kalimantan. Nama Museum Kayu Tuah Himba diambil dari semboyan Kota Tenggarong “Tuah Himba Untung Langging” berarti menjaga kekayaan hutan dan alam, maka manfaat yang diperoleh akan lancar. Kepemilikan museum berada di bawah Pemerintah Kabupaten Kutai dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai.

Museum ini didirikan sebagai langkah lanjutan terhadap penyimpanan dua buaya yang diawetkan disekitar area waduk. Buaya yang dijuluki monster dari Sangatta ini merupakan buaya muara yang sempat membuat ramai warga Kalimantan Timur pada 1996. Kedua buaya ini telah memangsa dua manusia di dua tempat berbeda. Selain menyimpan buaya yang diawetkan, di museum ini juga terdapat koleksi biologika seperti kayu yang diawetkan, numismatika, heraldika, etnografika seperti kerajinan Kutai dan Dayak, serta miniatur rumah adat.

Museum Kayu Tuah Himba
Kawasan Waduk Panji Sukarame Jl. Anggana RT 25 No. 17 Tenggarong Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
Kalimantan Timur

Website : -

Phone : 081346283009

Email : museumkayutenggarong@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    09.00-16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 3,000
Wisatawan Asing : Rp. 0
Pesan Kunjungan