Museum Kehutanan


Museum kehutanan merupakan satu-satunya museum yang ada di DKI Jakarta dengan tema kehutanan. Museum ini berada di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Letak museum ini berada di dalam kompleks Manggala Wanabakti.Pada awalnya museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto di tanggal 24 Agustus 1983 dengan nama Museum Kehutanan Manggala Wanabakti. Kemudian pada tanggal 5 Juni 2015 yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedu-nia, nama museum diganti menjadi Museum Kehutanan Ir. Djamaludin Suryohadikusumo sebagai upaya mengenang dedikasi beliau selama 40 tahun di Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Keberadaan museum ini diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang segala hal mengenai kehutanan Indonesia.Koleksi yang terdapat di museum ini seperti namanya, yaitu berkaitan dengan kehutanan yang ada di Indonesia.Pada saat pertama kali masuk, pengunjung akan disuguhkan dengan pohon jati asli berusia 139 tahun setinggi 15 meter

Museum kehutanan merupakan satu-satunya museum yang ada di DKI Jakarta dengan tema kehutanan. Museum ini berada di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Letak museum ini berada di dalam kompleks Manggala Wanabakti.

Pada awalnya museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto di tanggal 24 Agustus 1983 dengan nama Museum Kehutanan Manggala Wanabakti. Kemudian pada tanggal 5 Juni 2015 yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedu-nia, nama museum diganti menjadi Museum Kehutanan Ir. Djamaludin Suryohadikusumo sebagai upaya mengenang dedikasi beliau selama 40 tahun di Departemen Kehutanan Republik Indonesia. Keberadaan museum ini diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang segala hal mengenai kehutanan Indonesia.

Koleksi yang terdapat di museum ini seperti namanya, yaitu berkaitan dengan kehutanan yang ada di Indonesia.
Pada saat pertama kali masuk, pengunjung akan disuguhkan dengan pohon jati asli berusia 139 tahun setinggi 15 meter beserta replika binatang hutan yang terancam punah di sekelilingnya. Museum terdiri dari dua lantai.

Lantai pertama berisi artefak dan diorama tentang jenis-jenis hutan yang ada di Indonesia. lantai kedua berisi dokumentasi mengenai hutan di Indonesia dalam bentuk foto.
Salah satu ruangan yang terdapat di dalam museum ini ialah ruang hasil hutan. Di ruangan ini terdapat penjelasan mengenai hasil hutan Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke

Selain itu juga terdapat replica Monumen Pahlawan Pasukan Wanara. Museum juga menyediakan auditorium teater dan perpustakaan yang dapat dipergunakan oleh pengunjung.

Museum Kehutanan
Gedung Manggala Wanabakti Blok VI, Jl Gatot Subroto, Senayan, Jakarta
D.K.I. Jakarta

Website : -

Phone : 021 5703246

Email : museumkehutanan@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    09.00 - 15.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan