Museum Keraton Sumenep


Museum Keraton Sumenep merupakan museum umum dan satu-satunya museum keraton yang ada di Jawa Timur. Museum yang berada di dalam kompleks keraton ini menyajikan koleksi yang berkaitan dengan Kerajaan Sumenep. Koleksi yang ada di museum ini bervariasi, mulai dari yang berukuran kecil seperti keramik dan sejata, sampai yang berukuran besar seperti kereta kuda hadiah dari Kerajaan Inggris. Koleksi unggulan dari museum ini adalah kereta kencana yang pernah dinaiki Arya Wiraraja. Kebanyakan koleksi yang dipamerkan di dalam museum merupakan peninggalan Sultan Abd Rachman, cucu Bindara Saod yang memimpin Kerajaan Sumenep di abad ke-18, yaitu mulai tahun 18111854.Museum ini menempati bangunan yang ada di dalam kompleks Keraton Sumenep. Keraton Sumenep atau keraton Panembahan Sumolo dibangun pada 1762, pada masa pemerintahan Panembahan Sumolo I atau Tumenggung Arya Nata Kusuma. Arsitek keraton ini berkebangsaan Cina, bernama Louw Phia Ngo. Ia memadukan gaya arsitektur Islam, Eropa, Cina, dan Ja

Museum Keraton Sumenep merupakan museum umum dan satu-satunya museum keraton yang ada di Jawa Timur. Museum yang berada di dalam kompleks keraton ini menyajikan koleksi yang berkaitan dengan Kerajaan Sumenep. Koleksi yang ada di museum ini bervariasi, mulai dari yang berukuran kecil seperti keramik dan sejata, sampai yang berukuran besar seperti kereta kuda hadiah dari Kerajaan Inggris. Koleksi unggulan dari museum ini adalah kereta kencana yang pernah dinaiki Arya Wiraraja. Kebanyakan koleksi yang dipamerkan di dalam museum merupakan peninggalan Sultan Abd Rachman, cucu Bindara Saod yang memimpin Kerajaan Sumenep di abad ke-18, yaitu mulai tahun 18111854.

Museum ini menempati bangunan yang ada di dalam kompleks Keraton Sumenep. Keraton Sumenep atau keraton Panembahan Sumolo dibangun pada 1762, pada masa pemerintahan Panembahan Sumolo I atau Tumenggung Arya Nata Kusuma. Arsitek keraton ini berkebangsaan Cina, bernama Louw Phia Ngo. Ia memadukan gaya arsitektur Islam, Eropa, Cina, dan Jawa. Museum ini berada di bawah kepemilikan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sumenep dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Keraton Sumenep.

Museum Keraton Sumenep
Jl. Dr. Sutomo No.6, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kota sumenep, Kab. Sumenep, Jawa Timur
Jawa Timur

Website : wisatasumenep.com

Phone : (0328) 667148

Email : pariwisatasumenep@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    07.00-16.00
  • Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 3,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan