Museum Kereta Api Sawahlunto


Museum Kereta Api Sawahlunto merupakan museum khusus yang menjadi bagian dari infrastruktur tambang batubara di kota ini. Stasiun kereta api yang dijadikan sebagai museum telah ada sejak masa kolonial Belanda. Stasiun ini menghubungkan Sawahlunto dengan Pelabuhan Teluk Bayur yang pembangunan rel kereta apinya membutuhkan waktu selama 5 tahun, mulai tanggal 16 Juli 1889 dan selesai pada tanggal 1 Februari 1894. Museum diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla pada tanggal 17 Desember 2005.Museum Kereta Api Sawah Lunto merupakan bangunan Cagar Budaya yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1902. Kepemilikan dan pengelolaan Museum Kereta Api Sawahlunto saat ini dipegang oleh Pemerintah Kota Sawahlunto. Koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari, lokomotif uap, gerbong-gerbong, jam stasiun,alat komunikasi, miniatur lokomotif, brankas, dongkrak rel, timbangan, lonceng penjaga, baterai lokomotif, dan foto dokumentasi.(Sumb

Museum Kereta Api Sawahlunto merupakan museum khusus yang menjadi bagian dari infrastruktur tambang batubara di kota ini. Stasiun kereta api yang dijadikan sebagai museum telah ada sejak masa kolonial Belanda.

Stasiun ini menghubungkan Sawahlunto dengan Pelabuhan Teluk Bayur yang pembangunan rel kereta apinya membutuhkan waktu selama 5 tahun, mulai tanggal 16 Juli 1889 dan selesai pada tanggal 1 Februari 1894. Museum diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla pada tanggal 17 Desember 2005.
Museum Kereta Api Sawah Lunto merupakan bangunan Cagar Budaya yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1902. Kepemilikan dan pengelolaan Museum Kereta Api Sawahlunto saat ini dipegang oleh Pemerintah Kota Sawahlunto.

Koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari, lokomotif uap, gerbong-gerbong, jam stasiun,alat komunikasi, miniatur lokomotif, brankas, dongkrak rel, timbangan, lonceng penjaga, baterai lokomotif, dan foto dokumentasi.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Kereta Api Sawahlunto
Jl. Kampung Teleng, Kel. Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat
Sumatera Barat

Website : -

Phone : 0754 61023

Email : risnar257@gmail.com

Jam Buka
  • Selasa - Minggu
    07.30 - 16.00
  • Senin dan Hari Besar Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 3,000
Anak-anak : Rp. 1,000
Wisatawan Asing : Rp. 3,000
Pesan Kunjungan