Museum Kota Langsa


Museum Kota Langsa merupakan museum umum yang didirikan pada tahun 2016. Museum ini menempati Gedung Balai Juang Kota Langsa. Sebelum dikenal sebagai Gedung Balai Juang, bangunan ini bernama Het Kantoorgebouw Der Atjehsche Handel-Maatschappij Te Langsar. Gedung ini juga sempat digunakan sebagai kantor percetakan uang yang dikenal dengan bon kontan. bernilai Rp. 100,00. Ketika Belanda menyerah kepada Jepang, gedung ini pun diambil alih dan digunakan oleh tentara Jepang sebagai markas.Gedung Balai Juang merupakan bangunan bertingkat dua, serta memiliki gaya arsitektur Belanda yang bisa dilihat dari bentuk pintu yang tinggi besar berteralis, jendela-jendela, serta tiang-tiang besar dan kokoh. Atap gedung berbentuk runcing dan pada lantai dua terdapat balkon-balkon. Pada halaman luar Gedung Balai Juang terdapat sebuah air mancur yang berhiaskan tanaman air serta dinding berukir relief. Relief tersebut menggambarkan penjajahan Belanda yang kala itu memaksa rakyat Aceh kerja rodi serta perla

Museum Kota Langsa merupakan museum umum yang didirikan pada tahun 2016. Museum ini menempati Gedung Balai Juang Kota Langsa. Sebelum dikenal sebagai Gedung Balai Juang, bangunan ini bernama Het Kantoorgebouw Der Atjehsche Handel-Maatschappij Te Langsar. Gedung ini juga sempat digunakan sebagai kantor percetakan uang yang dikenal dengan bon kontan. bernilai Rp. 100,00. Ketika Belanda menyerah kepada Jepang, gedung ini pun diambil alih dan digunakan oleh tentara Jepang sebagai markas.

Gedung Balai Juang merupakan bangunan bertingkat dua, serta memiliki gaya arsitektur Belanda yang bisa dilihat dari bentuk pintu yang tinggi besar berteralis, jendela-jendela, serta tiang-tiang besar dan kokoh. Atap gedung berbentuk runcing dan pada lantai dua terdapat balkon-balkon. Pada halaman luar Gedung Balai Juang terdapat sebuah air mancur yang berhiaskan tanaman air serta dinding berukir relief. Relief tersebut menggambarkan penjajahan Belanda yang kala itu memaksa rakyat Aceh kerja rodi serta perlawanan rakyat Aceh untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Relief ini berwarna emas, sehingga nampak cantik dan indah. Jenis koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari Etnografika, Historika, Keramologika, dan lain-lain.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Kota Langsa
Jl. Ahmad Yani, Gp. Blang Pasee, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa Aceh
Nanggroe Aceh Darussalam

Website : -

Phone : 085262236643

Email : museumkotalangsa@yahoo.com

Jam Buka
  • Selasa - Minggu
    08.30 - 16.45
  • Senin dan hari besar nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 3,000
Anak-anak : Rp. 3,000
Wisatawan Asing : Rp. 3,000
Pesan Kunjungan