Museum La Galigo


Museum La Galigo merupakan museum khusus yang pada awal pendiriannya bernama ‘Celebes Museum’ didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1938 yang saat itu berkuasa di Kota Makassar dan menempati salah satu gedung di Kompleks Benteng Rotterdam. Pada masa pendudukan Jepang di Makassar sampai pembubaran Negara Indonesia Timur (NIT), Celebes Museum terhenti. Selanjutnya pada tahun 1966, kalangan budayawan merintis kembali pendirian museum dan dinyatakan berdiri kembali secara resmi pada 1 Mei 1970 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat. I Sulawesi Selatan dengan nama Museum La Galigo.Pada tahun 1974 sampai 2001, Museum La Galigo dibina langsung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tahun 2001 sampai sekarang (era otonomi daerah), Museum La Galigo diambil alih oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Pengelolaannya saat ini dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Pemerintah Provinsi

Museum La Galigo merupakan museum khusus yang pada awal pendiriannya bernama ‘Celebes Museum’ didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1938 yang saat itu berkuasa di Kota Makassar dan menempati salah satu gedung di Kompleks Benteng Rotterdam. Pada masa pendudukan Jepang di Makassar sampai pembubaran Negara Indonesia Timur (NIT), Celebes Museum terhenti. Selanjutnya pada tahun 1966, kalangan budayawan merintis kembali pendirian museum dan dinyatakan berdiri kembali secara resmi pada 1 Mei 1970 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat. I Sulawesi Selatan dengan nama Museum La Galigo.

Pada tahun 1974 sampai 2001, Museum La Galigo dibina langsung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tahun 2001 sampai sekarang (era otonomi daerah), Museum La Galigo diambil alih oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Pengelolaannya saat ini dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari historika, etnografika, arkeologika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa dan biologika. 

Museum La Galigo
Kompleks Benteng Ujung Pandang Jl. Ujung Pandang No 1, Makassar
Sulawesi Selatan

Website : -

Phone : (0411) 8621305

Email : museumlagaligo@yahoo.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-15.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 3,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan