Museum La Pawawoi


Museum La Pawawoi merupakan museum umum yang didirikan oleh Bupati Bone, H. Suaib pada 5 Januari 1971. Nama museum berasal dari Raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional dari Bone. Ia lahir pada 1835 dan terlibat pda perang Bone I, II, III, dan IV. Pada 14 Desember 1906 ia ditangkap dan dibuang ke Bandung, dan wafat pada 17 Januari 1911. Ikrar tantangannya terhadap Gubernur Jenderal Belanda berbunyi “Biar Tubuhku menghadap/tertawan, hatiku pantang menyerah kepada kompeni”. Museum La Pawawoi menempati bangunan bekas istana Andi Mappanyukki Raja Bone ke-32. Istana ini dipugar pada 1679-1981 oleh Proyek Pemugaran dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala. Bangunan istana diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1982. Museum saat ini berada di bawah kepemilikan Pemerintah Kabupaten Bone dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone. Jenis koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri d

Museum La Pawawoi merupakan museum umum yang didirikan oleh Bupati Bone, H. Suaib pada 5 Januari 1971. Nama museum berasal dari Raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional dari Bone. Ia lahir pada 1835 dan terlibat pda perang Bone I, II, III, dan IV. Pada 14 Desember 1906 ia ditangkap dan dibuang ke Bandung, dan wafat pada 17 Januari 1911. Ikrar tantangannya terhadap Gubernur Jenderal Belanda berbunyi “Biar Tubuhku menghadap/tertawan, hatiku pantang menyerah kepada kompeni”.

Museum La Pawawoi menempati bangunan bekas istana Andi Mappanyukki Raja Bone ke-32. Istana ini dipugar pada 1679-1981 oleh Proyek Pemugaran dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala. Bangunan istana diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1982. Museum saat ini berada di bawah kepemilikan Pemerintah Kabupaten Bone dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone. Jenis koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari historika, arkeologika, keramologika, etnografika, dan teknologika. 

Museum La Pawawoi
Jl. MH. Thamrin No.n 9, Watampone, Kec. Tenete Rianttang, Kab. Bone, Sulawesi Selatan.
Sulawesi Selatan

Website : -

Phone : 08124177667

Email : dinaskebudayaanbone@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-14.00
  • Jumat dan Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan