Museum Listrik dan Energi Baru


Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) merupakan museum khusus yang menjadi satu-satunya museum ilmu pengetahuan dan teknologi (science museum) di Indonesia, yang memperagakan koleksi tentang ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan. Berbagai koleksi peragaan disajikan menggunakan teknologi modern yang interaktif sehingga pengunjung dapat mempraktekkan sendiri peraganya seperti peragaan seri paralel, peragaan menghasilkan arus listrik dari buah-buahan, pensil, koin, dan dari magnet. MLEB memiliki beberapa area yaitu Zona Selamat Datang, Zona Sejarah, Zona Sains dan Teknologi dan Zona Masa Depan. Sesuai dengan visi museum yang menjadikan museum modern, inovatif dan dicintai masyarakat sebagai wahana rekreasi edukatif yang berorientasi masa depan dengan bertumpu pada potensi listrik, di semua zona yang ada, pengunjung dapat melakukan peragaan mengenai kelistrikan secara langsung. Keragaman informasi dan koleksi yang disediakan, memungkinkan MLEB untuk dikunjungi dan dimanfaatkan oleh

Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) merupakan museum khusus yang menjadi satu-satunya museum ilmu pengetahuan dan teknologi (science museum) di Indonesia, yang memperagakan koleksi tentang ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan. Berbagai koleksi peragaan disajikan menggunakan teknologi modern yang interaktif sehingga pengunjung dapat mempraktekkan sendiri peraganya seperti peragaan seri paralel, peragaan menghasilkan arus listrik dari buah-buahan, pensil, koin, dan dari magnet. MLEB memiliki beberapa area yaitu Zona Selamat Datang, Zona Sejarah, Zona Sains dan Teknologi dan Zona Masa Depan. Sesuai dengan visi museum yang menjadikan museum modern, inovatif dan dicintai masyarakat sebagai wahana rekreasi edukatif yang berorientasi masa depan dengan bertumpu pada potensi listrik, di semua zona yang ada, pengunjung dapat melakukan peragaan mengenai kelistrikan secara langsung.

Keragaman informasi dan koleksi yang disediakan, memungkinkan MLEB untuk dikunjungi dan dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari rombongan pelajar, mahasiswa, keluarga, hingga wisatawan domestik dan mancanegara. Selain itu MLEB memiliki ruangan sejuk dengan arsitektur unik dan halaman asri yang nyaman untuk melepas lelah pengunjung rombongan maupun keluarga. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan PT. PLN (persero) Pusdiklat.

Museum Listrik dan Energi Baru
Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur
D.K.I. Jakarta

Website : www.mleb.or.id

Phone : (021) 8413451

Email : museumlistrik.tmii@gmail.com

Jam Buka
  • Setiap Hari
    08.00-16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 10,000
Anak-anak : Rp. 10,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan