Museum Loka Budaya Universitas Cendrawasih


Museum Loka Budaya Universitas Indonesia merupakan museum khusus yang didirikan pada 1970 dan diresmikan oleh Prof. Dr.Ida Bagus Mantra pada 1 Oktober 1973. Museum ini berada di bawah Lembaga Antropologi Universitas Cendrawasih. Akan tetapi, dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1980 tentang Penataan Organisasi Perguruan Tinggi/ Institut Negeri, maka Lembaga Antropologi khususnya bagian penelitian dilebur menjadi Pusat Penelitian Universitas Cendrawasih. Sedangkan Museum Loka Budaya Universitas Indonesia tidak tertampung dalam struktur unit lainnya. Oleh sebab itu, pada tahun 1990 dikeluarkan Surat Keputusan Rektor Tanggal 4 Juli 1990 Nomor 1698/PT.23.H/C/1990, yang menjadikan Museum Loka Budaya Universitas Indonesia sebagai Unit Pengelola Teknis berada dibawah pengawasan Rektor Universitas Cendrawasih. Museum Loka Budaya Universitas Indonesia merupakan hasil pikiran, perjuangan serta kerja keras dari berbagai pihak dan dalam menjalankan fungsinya, Museum Loka Buday

Museum Loka Budaya Universitas Indonesia merupakan museum khusus yang didirikan pada 1970 dan diresmikan oleh Prof. Dr.Ida Bagus Mantra pada 1 Oktober 1973. Museum ini berada di bawah Lembaga Antropologi Universitas Cendrawasih. Akan tetapi, dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1980 tentang Penataan Organisasi Perguruan Tinggi/ Institut Negeri, maka Lembaga Antropologi khususnya bagian penelitian dilebur menjadi Pusat Penelitian Universitas Cendrawasih. Sedangkan Museum Loka Budaya Universitas Indonesia tidak tertampung dalam struktur unit lainnya. Oleh sebab itu, pada tahun 1990 dikeluarkan Surat Keputusan Rektor Tanggal 4 Juli 1990 Nomor 1698/PT.23.H/C/1990, yang menjadikan Museum Loka Budaya Universitas Indonesia sebagai Unit Pengelola Teknis berada dibawah pengawasan Rektor Universitas Cendrawasih.

Museum Loka Budaya Universitas Indonesia merupakan hasil pikiran, perjuangan serta kerja keras dari berbagai pihak dan dalam menjalankan fungsinya, Museum Loka Budaya Universitas Indonesia banyak mendapat bantuan terutama dari John D. Rockfeler di Amerika, Pemerintah Belanda, arkeolog dan antropolog yang pernah melakukan penelitian di Papua, serta pemerintah melalui Proyek Pelita. Koleksi yang ada di museum terdiri dari historika dan etnografika.

Museum Loka Budaya Universitas Cendrawasih
Kota Baru, Abepura, Kota Jayapura, Papua
Papua

Phone : (0967) 581224

Email : museumUncen@yahoo.com

Jam Buka
  • Senin-Sabtu
    08.00-15.00
  • Minggu dan Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan