Museum Mahkamah Konstitusi


Sesuai dengan namanya, Museum Mahkamah Konstitusi terletak di lantai 5 dan 6 gedung Mahkamah Konstitusi. Pembangunan museum ini bertujuan untuk menjadikannnya sebagai pusat sejarah konstitusi Republik Indonesia. Museum yang baru diresmikan pada 19 Desember 2014 oleh Presiden Joko Widodo ini memiliki 8 zona yang disusun secara kronologis mengenai kemerdekaan Indonesia. Lantai 5 terdiri dari 7 zona yang menceritakan proses pembentukan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Zona 1 yaitu zona Pra Kemerdekaan, kedua Zona Kemerdekaan, ketiga zona Undang-undang Dasar Republik Indonesia, keempat Zona Konstitusi Republik Indonesia Serikat (RIS), kelima Zona Undang-undang Dasar Sementara 1950, keenam Zona Kembali ke UUD 1945, dan terakhir Zona Perubahan UUD 1945.Sementara lantai 6 diperuntukkan khusus untuk Mahkamah Konstitusi itu sendiri mulai dari sejarah pembentukannya sebagai lembaga peradilan konstitusi sampai tugasnya dimasa kini. Zona Pra Kemerdekaan menggambarkan betapa antusias
Sesuai dengan namanya, Museum Mahkamah Konstitusi terletak di lantai 5 dan 6 gedung Mahkamah Konstitusi. Pembangunan museum ini bertujuan untuk menjadikannnya sebagai pusat sejarah konstitusi Republik Indonesia. Museum yang baru diresmikan pada 19 Desember 2014 oleh Presiden Joko Widodo ini memiliki 8 zona yang disusun secara kronologis mengenai kemerdekaan Indonesia. Lantai 5 terdiri dari 7 zona yang menceritakan proses pembentukan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Zona 1 yaitu zona Pra Kemerdekaan, kedua Zona Kemerdekaan, ketiga zona Undang-undang Dasar Republik Indonesia, keempat Zona Konstitusi Republik Indonesia Serikat (RIS), kelima Zona Undang-undang Dasar Sementara 1950, keenam Zona Kembali ke UUD 1945, dan terakhir Zona Perubahan UUD 1945.

Sementara lantai 6 diperuntukkan khusus untuk Mahkamah Konstitusi itu sendiri mulai dari sejarah pembentukannya sebagai lembaga peradilan konstitusi sampai tugasnya dimasa kini. Zona Pra Kemerdekaan menggambarkan betapa antusias dan giatnya rakyat Indonesia memperjuangkan keinginan mereka untuk bersatu sebagai sebuah bangsa. Zona Kemerdekaan menunjukkan perjuangan rakyat menuju kemerdekaan Indonesia mulai dari pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) sampai Pembacaan proklamasi. Zona Undang - undang Dasar 1945 menampilkan proses pembentukan UUD 1945 sebagai langkah awal yang Dilakukan pasca kemerdekaan termasuk pengangkatan presiden danwakil presiden. Zona Konstitusi RIS berisi sejarah pengakuan kedaulatan oleh pemerintah Belanda. Zona UUDS 1950 menampilkan peristiwa - peristiwa yang terjadi selama diberlakukannya undang-undang tersebut. Zona Kembali ke UUD 1945 menyajikan proses kembalinya konstitusi Indonesia ke UUD 1945 dari UUDS 1950.

Zona Perubahan UUD 1945 berisi sejarah reformasi yang di dalamnya termasuk cikal bakal pembentukan Mahkamah Konstitusi. Zona ketujuh yang berada di lantai 6 seluruhnya memuat sejarah perjalanan Mahkamah Konstitusi.

Museum Mahkamah Konstitusi
Jl. Medan Merdeka Barat No.6,RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
D.K.I. Jakarta

Website : -

Phone : 021 23529000

Email : humas@mahkamahkonstitusi.go.id

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    09.00 - 15.00
  • Minggu dan Hari Besar Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan