Museum Mpu Purwa


Banyak sekali benda-benda purbakala yang ada di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Pada masa raja-raja Jawa masih berkuasa banyak patung, arca, candi dan prasasti yang dibuat untuk kepentingan upacara keagamaan, tempat ibadah, makam, batas wilayah, dan sebagainya. Benda-benda purbakala ini kemudian dilupakan bersamaan dengan runtuhnya kerajaan-kerajaan tersebut. Hanya segelintir orang saja yang masih mengingatnya sampai sekarang. Sementara itu benda-benda yang hilang kini telah ditemukan kembali meskipun masih sedikit yang berhasil ditemukan dan diidentifikasi. Pemerintah kota di beberapa daerah mendirikan tempat untuk menampung benda-benda tersebut. Salah satu tempat itu adalah Museum Mpu Purwa.Museum Mpu Purwa didirikan pada 2004 dan diresmikan oleh Walikota Malang, Drs. Peni Suparto. Pada awalnya museum ini adalah Balai Penyelamatan Benda Purbakala, namun kemudian berubah menjadi sebuah museum. Koleksi yang ditampilkan adalah arca dan patung yang berasal dari kerjaan Mpu Sindok sampai

Banyak sekali benda-benda purbakala yang ada di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Pada masa raja-raja Jawa masih berkuasa banyak patung, arca, candi dan prasasti yang dibuat untuk kepentingan upacara keagamaan, tempat ibadah, makam, batas wilayah, dan sebagainya. Benda-benda purbakala ini kemudian dilupakan bersamaan dengan runtuhnya kerajaan-kerajaan tersebut. Hanya segelintir orang saja yang masih mengingatnya sampai sekarang. Sementara itu benda-benda yang hilang kini telah ditemukan kembali meskipun masih sedikit yang berhasil ditemukan dan diidentifikasi. Pemerintah kota di beberapa daerah mendirikan tempat untuk menampung benda-benda tersebut. Salah satu tempat itu adalah Museum Mpu Purwa.

Museum Mpu Purwa didirikan pada 2004 dan diresmikan oleh Walikota Malang, Drs. Peni Suparto. Pada awalnya museum ini adalah Balai Penyelamatan Benda Purbakala, namun kemudian berubah menjadi sebuah museum. Koleksi yang ditampilkan adalah arca dan patung yang berasal dari kerjaan Mpu Sindok sampai Majapahit. Saat ini museum berada di bawah kepemilikan pemerintah Kota Malang dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Mpu Purwa. 

Museum Mpu Purwa
Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Shanta Blok. B No. 210, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
Jawa Timur

Phone : (0341) 404515

Email : museum.mpupurwa@gmail.com

Jam Berkunjung ke Lokasi
  • Senin-Minggu
    08.00-16.00
  • Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan