Museum Nahdlatul Ulama


Museum Nahdlatul Ulama hadir sebagai apresiasi terhadap dedikasi Nahdlatul Ulama (NU) dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia dan sebagai salah satu organisasi Islam di Indonesia. Museum Nahdlatul Ulama merupakan museum umum yang dibuka oleh KH. Abdurrahman Wahid pada 25 November 2004 dan diresmikan pada Muktamar NU ke-31 di Boyolali, Jawa Tengah pada 28 November 2004 oleh Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. MA. Sahal Mahfudh. Museum ini memberikan pengetahuan tentang sejarah NU dan perkembangannya, termasuk karya anggota NU. Selain itu di museum ini juga terdapat peninggalan sejarah dan seni dari berbagai kalangan NU, ulama, dan pesantren. Selain untuk pengenalan NU, museum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, penelitian dan hiburan.Koleksi museum NU terbagi menjadi beberapa galeri yaitu galeri Wali Songo, galeri pendiri NU, galeri pertumbuhan dan perkembangan NU, galeri kebudayaan NU, galeri produk warga NU, perpustakaan dokumen dan karya ilmiah.

Museum Nahdlatul Ulama hadir sebagai apresiasi terhadap dedikasi Nahdlatul Ulama (NU) dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia dan sebagai salah satu organisasi Islam di Indonesia. Museum Nahdlatul Ulama merupakan museum umum yang dibuka oleh KH. Abdurrahman Wahid pada 25 November 2004 dan diresmikan pada Muktamar NU ke-31 di Boyolali, Jawa Tengah pada 28 November 2004 oleh Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. MA. Sahal Mahfudh. Museum ini memberikan pengetahuan tentang sejarah NU dan perkembangannya, termasuk karya anggota NU. Selain itu di museum ini juga terdapat peninggalan sejarah dan seni dari berbagai kalangan NU, ulama, dan pesantren. Selain untuk pengenalan NU, museum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, penelitian dan hiburan.

Koleksi museum NU terbagi menjadi beberapa galeri yaitu galeri Wali Songo, galeri pendiri NU, galeri pertumbuhan dan perkembangan NU, galeri kebudayaan NU, galeri produk warga NU, perpustakaan dokumen dan karya ilmiah. Kepemilikan dan pengelolaan museum berada di bawah Nahdlatul Ulama. 

Museum Nahdlatul Ulama
Jl. Gayungsari Timur 35, Surabaya, Jawa Timur
Jawa Timur

Website : -

Phone : (031) 8274006

Email : museumnu@yahoo.com

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    09.00-16.00
  • Senin, Hari Libur Nasional, dan Hari Libur Islam Tutup (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 2,000
Anak-anak : Rp. 2,000
Wisatawan Asing : Rp. 2,000
Pesan Kunjungan