Museum Nasional Indonesia


Museum Nasional Indonesia merupakan museum umum yang didirikan pada 24 April 1778 dengan nama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen oleh Pemerintah Belanda dengan bentuk himpunan. Himpunan ini bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Salah satu pendiri himpunan ini kemudian menyumbangkan bangunan di Kali Besar dan beberapa koleksi untuk bahan pembelajaran. Koleksi pun semakin bertambah seiring waktu sehingga bangunannya tak cukup menampung lagi. Akhirnya, seluruh koleksi dipindahkan bangunan baru di Jalan Majapahit Nomor 3 namun ternyata setelah beberapa tahun bangunan tersebut juga tak dapat lagi menampung banyaknya koleksi. Seluruh koleksi pun kembali dipindahkan ke lokasi Museum Nasional Indonesia yang sekarang. Museum ini resmi dibuka pada tahun 1868 dan dikenal sebagai Gedung Gajah atau kadangkadang disebut Gedung Arca. Penyebutan museum sebagai Gedung Gajah karena patung gajah perunggu di halaman depan yang merupakan hadiah Raja Chulalongkorn pada tahun 1871. Pa

Museum Nasional Indonesia merupakan museum umum yang didirikan pada 24 April 1778 dengan nama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen oleh Pemerintah Belanda dengan bentuk himpunan. Himpunan ini bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Salah satu pendiri himpunan ini kemudian menyumbangkan bangunan di Kali Besar dan beberapa koleksi untuk bahan pembelajaran. Koleksi pun semakin bertambah seiring waktu sehingga bangunannya tak cukup menampung lagi. Akhirnya, seluruh koleksi dipindahkan bangunan baru di Jalan Majapahit Nomor 3 namun ternyata setelah beberapa tahun bangunan tersebut juga tak dapat lagi menampung banyaknya koleksi. Seluruh koleksi pun kembali dipindahkan ke lokasi Museum Nasional Indonesia yang sekarang.

Museum ini resmi dibuka pada tahun 1868 dan dikenal sebagai Gedung Gajah atau kadangkadang disebut Gedung Arca. Penyebutan museum sebagai Gedung Gajah karena patung gajah perunggu di halaman depan yang merupakan hadiah Raja Chulalongkorn pada tahun 1871. Pada bulan Februari 1950, lembaga ini menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia. Pada 17 September 1962, itu diserahkan kepada pemerintah Indonesia dan dikenal sebagai Museum Pusat. Dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 092/0/1979 28 Mei 1979 itu berganti nama menjadi Museum Nasional Indonesia.

Museum Nasional Indonesia
Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat,
D.K.I. Jakarta

Phone : (021) 3868172

Email : museum.nasional@kemdikbud.go.id

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    08.00-17.00
  • senin dan hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 2,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan