Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia


Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia merupakan museum khusus yang merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI). Museum Etnobotani Indonesia (MEI) dibangun pada tahun 1982, yang kemudian dipugar pada Mei 2016 dan namanya diubah menjadi Museum Sejarah Alam Indonesia.Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Museum ini menggambarkan tentang keanekaragaman hayati Indonesia, sejarah alam Indonesia, tipe ekosistem di Indonesia, serta bentuk pemanfaatannya. Keberadaan museum ini penting sebagai media informasi tentang alam Indonesia yang saat ini mengalami penurunan kualitas lingkungannya, sehingga diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat. Museum Sejarah Alam Indonesia menempati gedung bekas Gedung Herbarium Bogoriense, yang dibangun tahun 1970 berdasarkan rancangan arsitek terkenal, yaitu Ir. Silaban. Alur cerita pada museum dibagi menjadi empat bagian, bagian pertama berisi pengantar sejarah alam Indonesia, bagia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia merupakan museum khusus yang merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI). Museum Etnobotani Indonesia (MEI) dibangun pada tahun 1982, yang kemudian dipugar pada Mei 2016 dan namanya diubah menjadi Museum Sejarah Alam Indonesia.

Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Museum ini menggambarkan tentang keanekaragaman hayati Indonesia, sejarah alam Indonesia, tipe ekosistem di Indonesia, serta bentuk pemanfaatannya. Keberadaan museum ini penting sebagai media informasi tentang alam Indonesia yang saat ini mengalami penurunan kualitas lingkungannya, sehingga diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat. Museum Sejarah Alam Indonesia menempati gedung bekas Gedung Herbarium Bogoriense, yang dibangun tahun 1970 berdasarkan rancangan arsitek terkenal, yaitu Ir. Silaban. Alur cerita pada museum dibagi menjadi empat bagian, bagian pertama berisi pengantar sejarah alam Indonesia, bagian kedua menampilkan sejarah ekologi Indonesia, bagian ketiga berisi tentang pengetahuan dan kearifan masyarakat Indonesia, sedangkan bagian keempat menampilkan bentuk bioteknologi dan biomaterial.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
Jl. Ir. H. Juanda 22-24, Pusat Penelitian Biologi LIPI, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
Jawa Barat

Phone : (0251) 8387703

Email : munasain@mail.lipi.go.id

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-16.00
  • Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 5,000
Wisatawan Asing : Rp. 5,000
Pesan Kunjungan