Museum Negeri Banten


Museum Negeri Provinsi Banten merupakan museum umum yang awalnya menempati Kantor Budaya Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten pada 2013. Lokasi museum kemudian dialihkan ke pusat kota, yaitu ke Gedung Pendopo Gubernur lama di Kota Serang. Pemindahan ini dilakukan karena pertimbangan kebijakan, lokasi yang berada di tengah kota sehingga akses jadi mudah dijangkau oleh pengunjung museum serta bangunannya yang merupakan peninggalan Cagar Budaya dan memiliki latar belakang sejarah.Bangunan museum Banten menempati bekas Kantor Residen Banten. Bangunan ini didirikan setelah mendapat restu Gubernur Hindia Belanda pada 26 Januari 1821. Pembangunan ini didasarkan atas perlunya dibangun kantor residen di Banten karena saat itu belum ada tempat yang representatif untuk kantor seorang residen di Banten. Perencanaan pembangunan kantor residen diusulkan oleh Direktur Bangunan Sipil Hindia Belanda pada 31 Agustus 1821 Nomor 56.Arsitektur gedung ini dirancang oleh Arsitek Horst, dan Le

Museum Negeri Provinsi Banten merupakan museum umum yang awalnya menempati Kantor Budaya Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten pada 2013. Lokasi museum kemudian dialihkan ke pusat kota, yaitu ke Gedung Pendopo Gubernur lama di Kota Serang. Pemindahan ini dilakukan karena pertimbangan kebijakan, lokasi yang berada di tengah kota sehingga akses jadi mudah dijangkau oleh pengunjung museum serta bangunannya yang merupakan peninggalan Cagar Budaya dan memiliki latar belakang sejarah.

Bangunan museum Banten menempati bekas Kantor Residen Banten. Bangunan ini didirikan setelah mendapat restu Gubernur Hindia Belanda pada 26 Januari 1821. Pembangunan ini didasarkan atas perlunya dibangun kantor residen di Banten karena saat itu belum ada tempat yang representatif untuk kantor seorang residen di Banten. Perencanaan pembangunan kantor residen diusulkan oleh Direktur Bangunan Sipil Hindia Belanda pada 31 Agustus 1821 Nomor 56.

Arsitektur gedung ini dirancang oleh Arsitek Horst, dan Letnan Haas sebagai ketua pelaksananya. Pembangunan gedung berada di bawah pengawasan Komisaris Borneo Fabius yang pada saat itu menjabat sebagai Residen Banten. Bahan-bahan bangunan sebagian didatangkan dari Batavia dan sebagian lagi berasal dari Serang, Sedangkan pintu dan jendela berasal dari bangunan yang sebelumnya telah ada di Banten dan Anyer.

Museum ini diresmikan oleh Gubernur Banten Rano Karno S.IP pada 29 Oktober 2015 berdasarkan Keputusan Gubernur Banten Nomor 032/Kep.420-Huk/2015 tentang Penggunaan bangunan Pendopo Gubernur Banten sebagai Museum Negeri Provinsi Banten. Museum berada dibawah Pengelolaan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Negeri Banten
Jl. Brigjen KH Samun No.5, Kota Baru, Kec. Serang, Serang
Banten

Website : -

Phone : 08128114350

Email : museumnegeribanten@gmail.com

Jam Buka
  • Senin - Minggu
    08.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan